cara setting TP-LINK TLWA601

January 22, 2009 § 476 Comments

bagi yang kebingunan cara nyetting Access Point dengan Merk TP-LINK seri TL WA601 G, begini caranya.. mudah dan cepat.

Setting Client, (update berikutnya tentang AP buat hotspotan)

1. ubah IP komputermu menjadi 192.168.1.2 dengan subnet mask 255.255.255.0 cara mengubahnya : control panel -> network connection -> Local Area Network -> properties -> TCP/IP -> properties

2. buka web browsermu kemudian ketik 192.168.1.1 (ini IP default Radio tersebut) dan masukan user : admin, pass : admin

3. pilih menu wireless kemudian pilih basic setting

4. pilih client dan masukan SSID dan MAC yang anda maksudkan, apabila anda belum yakin dengan nama SSIDnya anda bisa mencarinya lewat tombol surver yang berada di paling bawah menu, namun sebelumnya perlu di ingat untuk memilih option client terlebih dahulu

5. klik tombol survey.

6. klik tombol connect

7. kembali ke awal menu dan centang pilihan reboot, kemudian klik tombol save.

begitu mudah bukan? selamat mencoba. bila ada yang ingin ditanyakan silahkan isi pada kolom komentar dibawah ini.

About these ads

Tagged: , , , , , ,

§ 476 Responses to cara setting TP-LINK TLWA601

  • M. Fahrialdi says:

    Saya baru saja beli TP Link WA601G, namun setelah saya operasikan saya tidak bisa menyetingnya, rencananya mau saya jadikan cliet (penerima). Mohon bantuannya bagaimana cara menyetingnya selengkap-lengkapnya.

    Kemudian apakah bisa WLAN diatas pakai antene outdoor karena konektor SMA kecil sekali, kalau ada apa tipe konektornya pak. Mohon penjelasan.

    Berapa range (jangkauan) WLAN diatas jika indoor dan jika memang ada outdoor berapa jangkauannya bisa menerima dari AP yang ada.

    Terima kasih.

    M. Fahrialdi
    Staf Dinas Tanaman Pangan dan perkebunan Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat

    Alamat rumah
    Kompleks Perumnas STIPER Jl. Rambutan No 46 Muaro Sijunjung Kabupaten Sijunjung
    Telp (0754) 21080 HP 081266000279

  • awik1212 says:

    secara teori, client setting adalah pen-settingan sebuah radio AP untuk dapat terkonek kedalam sebuah SSID. bukan memancarkan sinyal SSID.

    pada dasarnya.
    cara setting client radio TP-LINK hanya seperti apa yang di utarakan di atas pak,
    namun jikalau ternyata belum terkonek juga, ada kemungkinan security setting di bagian menu wireless perlu di isi kan juga, karena beberapa sinyal SSID memerlukan kode password yang dinamakan WEP key sebagai pengaman agar koneksi internetnya tidak bisa dicuri oleh sembarang orang. bukti penanda SSID memerlukan security setting atau tidak, terlihat saat kita melakukan site survey, nah.. disebelah kolom channel ada kolom security. berupa ON (berarti perlu menyantumkan password dalam menu security setting) atau berupa OFF (tidak memerlukan password)

    untuk kasus tertentu, salah seorang pemilik SSID tidak mencantumkan security, namun mereka menggunakan pengaman dalam bentuk IP dan DNS yang secara manual mereka settingkan di Local Area Network Connection dalam PC bapak, untuk kasus ini yang bisa mensettingkan hanya pemilik SSID (sinyal) yang bapak kehendaki, atau silahkan menghubungi mereka untuk menanyakan IP DNS sekaligus WEP apabila bapak butuhkan.

    untuk pertanyaan kedua,
    bisa pak bila ingin di pasangkan di antenna outdoor, alat atau konektor untuk itu bernama PIGTAIL
    harga dipasaran berkisar 60rb an

    untuk pertanyaan ketiga,
    untuk indoor daya jangkauannya tidak begitu jauh, tapi jika outdoor bisa mencapai +- 5 km dengan menggunakan antenna grid

    terimakasih kembali

    • agastya says:

      saya juga menggunakan tp-link kayak diatas tapi sama sekali saya blom bisa untuk menyetingnya, dan ini mau saya pakai untuk tugas akhir saya,, boleh saya tahu cra settngnya dari awal gak??? mohon bantuannya!!

  • M. Fahrialdi says:

    Terima kasih atas tanggapan Bapak….

    Semuanya telah saya coba, sudah saya lakukan scanner via wireless mode, signal yang saya terima ada tiga buah 2 diantaranya security nya “off” dan 1 lagi”on”. 2 Signal pertama sangat baik yaitu mencapai 30 dBm, namun saya tidak bisa koneksi dengan server tersebut(alias gagal /try again). sementara IP address nya sudah saya samakan dengan server.
    Untuk Bapak ketahui server yang satu dekat rumah saya lk 100 meter (AP) cafe dan server ini langsung terbuka loginnya namun berpssword. Hasil scanner MAC nya sudah saya peroleh namun tidak bisa login. sementara server yang satu lagi dengan signal kuat juga no IP nya sudah saya ketahui namun tidak bisa koneksi.
    Mohon informasi dari Bapak:
    1. sasaran sayaadalah server yang sudah saya kenali IPaddressnya. namun karena adalagiserver yang paling dekat, apakah berpengaruh terhadap koneksi server yang lain yang lebihjauh.
    2. Mohon petunjuk setting TPLink yang ada dengan cara memasukkan MAC nya dan dimana diletakkan.
    3. Dengan saya ketahui MAC server melalui scanner IP dan MAC via wireless mode apakah saya bisa masuk ke server yang paling dekat dengan saya namun menggunakan username dan password. Kalau bisa mohon mohon petujuk Bapak, bagaimana caranya. (Note: server yang paling dekat dengan saya itu adalah cafenet / fasilitas umum.
    4.Mohon petunjuk Bapak tipe konektor pigtail yang cocok untukTP-Link TL WA601G (konektor SMA nya sangat kecil)

    Sekian dari saya, mohon penjelasan dan pencerahan dari Bapak, mudah-mudahan ini merupakan suatukeberhasilan luar biasa bagi kami di daerah yang baru saja mengembangkan jaringan internet ini.
    Terima kasih yang sebesar-besarnya atas penjelasan Bapak.

    Salam

    M.Fahrialdi.

  • awik1212 says:

    baiklah, terimakasih bapak atas atensinya,
    pertama-tama saya juga belum menyampaikan tentang keberadaan MAC filtering. anda bisa liat gambarnya disini
    secara teori MAC filtering adalah pengorganisiran beberapa MAC address yang terhubung dengan sebuah AP. MAC filtering dalam prakteknya memberi batasan berupa Allow atau Deny terhadap koneksi yang dipancarkan AP, sehingga apabila Admin AP tersebut men-deny MAC anda, (karena alesan tidak dikenal) secara fisik anda sudah berhasil masuk, namun secara koneksi anda tidak diberikan hak akses berupa sent dan receive data.

    untuk bisa mengetahuinya, bapak bisa menggunakan tool bernama network stumbler, saya sudah siapkan linknya untuk bisa bapak download, silahkan bapak donlot dengan klik disini
    untuk jawaban yang bapak ajukan

    1. untuk kasus seperti itu biasa dinamakan interference, signal yang mengganggu signal SSID lainya, bisa bapak klik tulisan interference tersebut untuk mengetahui detailnya, namun bila signal yang lebih jauh bisa mencapai 30db itu sudah tidak masalah.

    2. sama seperti langkah diatas, hanya saja tidak perlu site survey, namun langsung memasukan MAC yang dimaksud tanpa memasukan nama SSID nya. anda bisa liat gambarnya disini

    3. untuk itu bisa sekali, bapak hanya perlu klik site survey, dan kemudian connect, lalu tekan tombol reboot radio bapak.
    namun terlepas dari masalah informal, perlu bapak tanyakan di cafenet tersebut, apakah harus mendaftar terlebih dahulu supaya dapat menikmati fasilitasnya, karena pada umumnya dalam kasus pendaftaran tersebut, IP dan MAC milik bapak akan dimasukan dalam list MAC filtering tersebut (kalau cafenet menggunakan MAC filtering) supaya MAC bapak mendapatkan hak akses.

    4. pigtailnya bernama RSMA-N MALE anda bisa liat gambarnya disini

    saya juga berterimakasih atas atensi bapak disini,

    terimakasih.

  • M. Fahrialdi says:

    Ok. Terima kasih atas penjelasan Bapak….. Semoga Bapak lebih sukses atas segala usaha yang dilaskanakan.
    Namun jika saya ada kendala tentang penyeting Perangkat nantinya, kiranya Bapak masih bersedia untuk memberikan arahan dan penjelasan.

    Salam
    Eri

  • M. Fahrialdi says:

    Yth. Bapak pengasuh

    Saya mohon maaf karena saya terlalu banyak bertanya kepada Bapak.

    Bapak yth.
    Saya ingin penjelasan Bapak,
    1. Tadi Bapak telah memberikan saran dan contoh gambar yang saya minta, kira-kira antena yang cocok untuk dapat saya nikmati dengan TP Link tersebut yang radius lk 1.4 km dari tempat saya (AP yang sayang pergunakan sehari-hari di instansi dan IP adress nya sudah ada). Apakah saya bisa pakai antene wajanbolic saja dan kalau bisa Bapak mempunyai gambar dan cara pembuatannya. Kalau ada mohon kesediaan Bapak untuk dapat mengirimkan kepada saya untuk lebih lengkapnya via email saya di atas.
    2. Atau kalau memang tidak bisa pakai wajanbolic kira-kira antena apa yang cocok untuk TP Link dan pigtail diatas Bapak.

    Sekian terima kasih Bapak pengasuh atas pencerahannya.

    Salam

    M. Fahrialdi

  • awik1212 says:

    terimakasih bapak sudah mendoakan, semoga bapak juga sukses dengan percobaannya.

    oh tidak apa2 pak. daripada malu bertanya sesat di jalan pak (ntar bisa nyemplung sumur pak haha)

    1. saya tidak ahli dalam pembuatan wajan bolic pak, maaf sebelumnya. karena ono w purbo ahlinya.

    2. antenna client ada 2 macam, yaitu yagi dan grid, yagi biasanya di gunakan untuk jarak dengan radius kurang dari 750 meter, sedang kan grid bisa mencapai 5km, merk nya pun bervariasi, saya menyarankan bapak untuk membeli grid dengan merk kenbotong, di pasaran harganya berkisar $45

    untuk melihat gambar yagi klik disini
    untuk melihat gambar grid klik disini

  • efendi says:

    salam kenal bos sebelumnya……….
    maaf ini aku mau tanya soal setting clien TP-Link TLWA601
    gimana sich caranya masuknya ke AP utility agar bisa menjalankan site survey……

  • awik1212 says:

    salam kenal juga big bos…
    untuk itu terlebih dahulu jangan lupa letakan pilihan anda di Client mode, baru site survey bisa di gunakan..

    semoga membantu.

    *cara memilih -> wireless -> basic setting -> client (dengan meletakkan titik pada check box berbentuk lingkaran)

  • Muaro Sijunjung, 27 Februari 2009
    Kepada Yth. Bapak pengasuh hardware TP Link
    di Tempat

    Alhamdullillah sayasudah dapat koneksi dengan hotspot di daerah saya, saya ingin menanyakan kepada Bapak.

    1. Bagaimana memperbesar kapasitas koneksi TP Link TL WA601G tersebut sehingga dapat berjalan maksimal. Saat ini saya baru dapat koneksi sampai dengan 16kbps, sementara dalam brosur kan bisa mencapai 108Mbps.

    2. Disamping itu mohon penjelasan juga sehubungan dengan settingclient TP-Link tersebut dari Bapak yaitu: chanel 1 11Kbps, chanel … chanel 6 54Kbps danseterusnya. Dimana dan untuk apa kita fungsikan setting tersebut.

    Sekian dulu Bapak pengasuh… kiranya Bapak bersedia memberikan penjelasan tentang hal tersebut.

    Salam

    Ir. Marsidin fahrialdi

  • Mohon maafBapakAwiek…

    Saya ada kelupaan ….
    pertanyaan saya nomor 3 adalah :

    ” Bagaimana memperkecil upload TP-Link TL-WA601G tersebut sehingga downloadnya jauh lebih besar….
    Kalau memang ada setting nya di TP Link mohon penjelasan Bapak dan kalau tidak bagaimana caranya memperkecil Upload di PC dan memperbesar download, karena saya lebih dominan menggunakan download ketimbang upload kecuali e-mail.

    Sekian Bapak Awiek… Terima kasih.

  • awik1212 says:

    wah, Alhamdulillah ya pak..
    saya jadi ikut senang…

    saya akan mencoba menjawab 3 pertanyaan bapak.

    1. Bagaimana memperbesar kapasitas koneksi TP Link TL WA601G tersebut sehingga dapat berjalan maksimal. Saat ini saya baru dapat koneksi sampai dengan 16kbps, sementara dalam brosur kan bisa mencapai 108Mbps.

    == kalau tulisan 108Mbps di brosur itu hanya kapasitas / kemampuan radionya saja, biasa disebut dengan bandwidth tropod nya.
    memaksimalkan koneksi bisa dimulai dari melakukan pointing ulang supaya dalam site survey bisa mendapatkan signal lebih dari 30db.
    kalau sudah melebihi angka 30db berarti koneksi anda sudah dalam status yang bagus.
    kemudian setelah “jalur koneksi” dalam keadaan yang bagus (misal 40db), kemungkinan anda juga akan mendapatkan bandwidth sama persis dengan keadaan di tempat hotspot itu.
    pertanyaan berikutnya, apabila bapak menginginkan lebih dari 16kbps, untuk kasus tersebut hanya bisa dilakukan oleh admin hotspot yang bapak pergunakan.

    2. Disamping itu mohon penjelasan juga sehubungan dengan settingclient TP-Link tersebut dari Bapak yaitu: chanel 1 11Kbps, chanel … chanel 6 54Kbps danseterusnya. Dimana dan untuk apa kita fungsikan setting tersebut.

    == penyetingan channel bersifat bebas, sesuai dengan channel AP yang bapak tuju. namun fungsi utama channel hanya untuk menghindari sebuah interfrense. untuk penjelasan apa itu interfrense sudah saya berikan link di post diskusi diatas.

    3. Bagaimana memperkecil upload TP-Link TL-WA601G tersebut sehingga downloadnya jauh lebih besar….

    == karena TP link miskin oleh fitur, permasalahan yang bapak tanyakan tersebut tidak bisa diakomodir oleh Alat tersebut.
    hanya saja pengaturan bandwidth upload / download seperti itu sudah di tetapkan oleh admin hotspot yang bapak konek kan.

    terimakasih.

    semoga bisa bermanfaat bagi bapak.

  • M. Fahrialdi says:

    Ok….. Terima kasih Bapak Awiek… atas penjelasannya.
    Ada satu yang ingin saya tambahkan bahwa sinyal yang saya peroleh yaitu mencapai 38-42dB dan itu hanya saya perkuat dengan wajan bolic pigtail seperti apa yang saya tanyakan dulu pada Bapak. Posisi saya berjarak lk 2-3 km dari hotspot yang saya tuju,disamping itu hotspot terdekat dari saya lk 150 m,jadi hotspot ini yang selalu dominan saya terima. Namun alhamdulillah saya bisa koneksi dengan hotspot yang lebih jauh dengan perhitungan wajan bolic yang dimuat pak ono. Terima kasih pak Ono dan pak awiek atas ilmunya, dengan pengukuran yang tepat saya bisa mendapatkan sinyal hotspot sampai 42dB kadangkala sampai 48 dB hanya dengan TP Link. Saya sekarang sudah bisa koneksi internet dengan lancar tanpa terputus dengan sinyal 38db-46db.

    Terima kasihsalam sukses selalu buat Bpk-Bpk pengasuh

  • mr_slamet says:

    Perkenalkan, sy orang baru di dunia networking. Kebetulan saya mempunyai permasalahan dengan tp link wa601g. Di sekolah saya menggunakan koneksi internet speedy, saya menggunakan modem d-link dsl2640t sudah ada wirelessnya dan sudah bisa konek internet. Namun karena jangkauannya kurang, hendak saya perluas dengan menggunakan tp link wa601g. Cara setting wirelessnya gimana, supaya tp link bisa konek denga d link nya, dan akhirnya di tempat saya dikelilingi akses wireless. Untuk koneksi d-link dengan hub biasa (d-link 8 port) sudah bisa terkoneksi dengan jaringan kabel. Mohon bantuannya, terima kasih atas sharingnya

  • awik1212 says:

    siap mr_slamet, salam kenal juga.. saya juga orang baru kok pak, santai aja.

    untuk kasus itu, maka TP-LINK bisa di fungsikan sebagai AP-Repeater (me-ulang-pancaran-sinyal/bahasa indonesia nya.) jadi dia berfungsi untuk memancarkan ulang sinyal dari wireless dlink bapak. berbeda dengan topik yang ditanyakan oleh M. Fahrialdi yang sebelumnya. karena beliau menanyakan tentang setting TP-LINK sebagai client.

    tapi, tidak apa2, akan saya bantu sebisanya.
    ada 2 langkah sebenarnya, bisa di fungsikan sebagai repeater, atau sebagai AP (access point).
    untuk lebih lengkapnya lihat seperti gambar disini

    *untuk repeater, hanya perlu mengetahui mac address dari dlink yang bapak pakai, kemudian masukan saja mac address sesuai dengan milik dlink tersebut.

    *untuk access point, bapak tinggal setting dengan cara memilih mode access point, dengan memberi titik pada kolom disamping menu access point, kemudian klik tombol save di bawah sendiri. hanya perlu diingat, bila menginginkan mode access point, otomatis dari hub harus di tarik kabel LAN hingga masuk ke TPlink tersebut.

    silahkan dicoba dulu, bila ada pertanyaan lebih lanjut, saya sangat bersedia untuk menjawabnya.

    terimakasih mr_slamet atas atensinya.

  • Eri says:

    Pak Awik yth.
    Jumpa lagi ame saya eri, yang dulu pernah konsul sama pak awik tentang produk TP-Link.Alhamdulillah pak Awik atas petunjuk pak Awik saya sudah berhasil dimana saatini saya telah menikmati akses internet dengan baik baik download maupun upload.
    Namun saya ingin mengembangkan lagi pak Awik untuk skala yang lebih baik. Untuk itu saya ingin mohon konsultasi lagi sama pak awik.
    1. Bisakah pak Awik kita menggabungkan 2 atau lebih WLAN Cliet TP-Link output dari RJ45 nya ke suatu perangkat dan dari perangkat tersebut keluar 1 port RJ45 yang akan koneksikan langsung ke PC. Maksud saya penggabungan ini adalah untuk memperbesar kapasitas (bandwidth) download atau upload kita. Kalau bisa apa nama perangkatnya pak Awik.

    2. Jika mnggunakan USB LAN (TL-WN322G), misalnya kita pakai >2 USB LAN, adakah alat untuk menggabungkan 2 atau lebih USB LAN dan setelah itu baru kita hubungkan ke PC baik berupa RJ45 maupun USB dengan tujuan juga ingin memperbesar kapasitas D/U kita pak Awik. Dan kalau ada apa nama alatnya pak Awik?

    3. Jika memang ada diantara keduanya atau keduanyamohon penjelasan pak Awik cara pengoperasiannya baik salah satu dan atau keduanya.

    4. Jika memang bisa pak Awik TPLink yang cocok untuk itu apa ? Ntar saya order nantinya.

    Untuk semenetara cukup sekian dulu pak Awik, mohon penjelasan pak Awik tentang itu, atas kemurahan hati Bapak saya mengucapkan terima kasih.

    Salam
    Eri (Ma. Sjj – Sumbar)

  • Eri says:

    Pak Awik yth.
    Saya adaketinggala tadinya..
    Pemikiran kayak itu saya sampaikan kepada Bpk adalah karena line yang dapat saya akses per IP adalah 8-16 kBps, yah segitu apalah dayanya pak Awik….Namun mungkin menurut pemikiran saya dengan menggabungkan beberapa WLAN Client tentu dengan IP yang berbeda dan digabungkan dengan satu perangkat dimana output perangkat tersebut sudah memperbesar kapasitas yang bermuara pada satu port RJ45. Apakah betul bisabegitu pak Awik.

    Makasih.
    Eri.

  • awik1212 says:

    terimakasih pak eri, saya sebelumnya minta maaf karena lama membalas pertanyaan bapak, karena saya sedang mengerjakan beberapa pekerjaan yang sifatnya dikejar waktu.

    1. alat yang bapak maksud adalah “router”, tapi pemilihan router jatuh kepada router yang memiliki fitur berupa 2 colokan WAN, sehingga bisa mengakomodir kebutuhan bapak.
    seperti salah satu produk yang saya rekomendasikan disini http://www.tp-link.com/products/product_des.asp?id=147 dan http://www.speedguide.net/broadband-view.php?hw=87

    untuk kasus pertanyaan tersebut, bapak bisa juga menghemat biaya dengan menginstall program pfsense di komputer bapak, kemudian pasangkan 2 LAN card di komputer bapak sekaligus bapak bisa mempelajari ilmu tentang “load balancing”. perlu sedikit diperjelas disini, loadbalancing adalah fitur meng-oper sumber internet jika salah satu sumber internet pak eri down secara otomatis. dan bapak harus menggunakan linux sebagai sistem operasi komputer bapak, mungkin memang rada ribet, tapi dapat menghemat anggaran karena harga router 2 wan bisa mencapai 900rb-an.

    karena kasus yang saya alami bukan penggabungan dua koneksi, hanya saja koneksi yang lain saya gunakan untuk back-up saja ketika link salah satu koneksinya mengalami kemacetan.

    2. sayangnya saya belum menemukan kasus dengan menggunakan usb. dan sepertinya tidak ada alat yang men-support kebutuhan bapak.

    3. untuk pengoperasiannya bisa bapak lihat di blog tetangga, http://boedot.wordpress.com/2007/12/12/multi-load-balancing-dgn-pfsense/

    4. wah kok saya terkesan seperti menjual alat, haha.. padahal saya cuman blogger yang ndak jualan alat pak, tapi bisa bapak cari merk tp link TL-R4299G wah harusnya saya dapet komisi dari tp link nih.. hahaha.

    kemudian menjawab pertanyaan bapak eri selanjutnya,

    betul pak, sekarang yang menjadi pr saya adalah mempersiapkan waktu untuk membuat posting tentang mengoperasikan router tersebut,

    terimakasih pak eri atas atensinya, saya masih dalam taraf belajar juga pak, semoga pak eri dapat menerima kekurang saya.

    terimakasih kembali.

  • Eri says:

    Terima kasih sekali Pak Awiek…atas ilmunya semoga bermanfaat dan mengalir amal jariahnya…
    Mohon maaf karena saya telah mengganggu pak Awiek..

    Bagus juga tuh.. Pak Awiek…
    Sekalian sebagai media informasi TP Link juga jualan / toko untuk hardware nya sekalian jadi sekalian jalan. Saya support 100 % pak Awiek, ntar kalau ordernya via Pak Awiek aja lagii….

    Iya pak Awiek… Saya juga sedang sibuk saat ini karena pekerjaan mendesak untuk ranganan 2009 dan 2010 sangat mendesak…. cuman saya kebetulan ada waktu sedikit.. jadi saya coba berbagi pertanyaan sama Bapak…

    Sebagai informasi pak Awiek… saya alhamdulillah sukses untuk koneksi TP link nya dan sinyal yang saya peroleh nyampe 32 dBm, uu dan downstream ok semua berkat bantuan pak Awiek….

    Thank Pak Awiek….
    Salam buat anggota keluarga semua…

  • v-ree says:

    pak,saya kemarin beli AP TLWA601G rencana buat nembak hotspot.tp saya bingung nyetingnya agar bisa konek.saya mohon bantuan bapak,bagaimana detailnya langkah2 nyetingnya.matur nuwun pak.

  • Eri says:

    Wah… wah… pak Awiek….
    Mohon maaf lagi.. gangguuuu…. lagi…

    Sudah saya coba pak Awiek…. menggabungkan 2 WLAN dengan output 2 port RJ45, setelah masuk ke Router, apakah bandwidth kita bisa diperbesar karena nomor IP kedua WLAN itu berbeda…..
    Setelah masuk ke router… nanti kan keluar 1 buah port RJ45 yang akan terhubung ke PC, sementara kita di PC kan makai 1 IP adress, dilain pihak setiap IP adress yang ada cuma dibatasi sebanyak 4 – 8 kBps dikarenakan jalur keluar yang kita pakai via PC kan cuma 1 IP adress… Manurut bapak .. apakah memang bisa memperbesar kinerja bandwidth kita, sebab nomor deteksi (up or down stream) kita di host kan nomor IP PC.
    Mohon penjelasan pak Awiek…. tentang itu, saya rada-rada puyer alias pusing yang muter-muter mikirin itu….
    Kalau menurut saya yang sera minus ini.. secara matematika 1+1 = 2 jadi kalau digabungkan 2 WLAN tentu besar. Betulkah itu Pak Awiek….

    Atau menurut pak awiek dengan pola card lan multi bisa ndak kita lakukan agar bandwidth kita besar… kalau bisa mohon penjelasan lagi pak Awiek… soalnya Bapak ada nyebutin tadi pakai double card LAN… Mohon dijelasin lebih lengkap pak…

    Maaf ngeganggu lagi….
    Terima kasih…

  • awik1212 says:

    @v-ree
    apakah anda sudah mengikuti tahap2 diatas, karena beberapa diskusi diatas di kolom komentar memuat pembahasan dari awal dan terperinci,
    dan apabila menemukan kasus yang sulit, bisa lebih spesifik menanyakan di bagian mana..

    termiakasih atas atensinya

  • efendid says:

    haloooo bos…..
    maaf mau tanya soal setting tp-link sebagai clien untuk nembak hot spot yang setting automatis gimana caranya bos…….
    apa harus juga setting ip secara automatis

  • V-ree says:

    Smuanya sudah saya coba pak.Tp apa karna signalnya kurang dr 30db jd gak bisa konek?

  • awik1212 says:

    @ V-ree
    betul, coba dikuatkan hingga 30db, tapi tergantung alat pemancar di hotspot nya juga. tapi ada baiknya bila mencoba memaksimalkan dengan alat yang ada sehingga bisa menempuh nilai signal hingga 30db, lebih besar lebih baik.

  • awik1212 says:

    @efendid
    halo juga big bos..
    hm.. sudah membaca pembahasan di kolom atas? ada beberapa kasus yang menyerupai dengan masalah anda..
    selamat mencoba

  • ryo says:

    1.pak mau tanya,apa sinyal wifi agar bisa di akses harus di atas 30db?
    2.kalo saya mau membagi/menyebarkan sinyal trsebut untuk orng lain,alat apa yg di butuhkan pak?
    trims

  • awik1212 says:

    @ryo

    1. yup, tergantung pemancar yg ingin anda konekan. rata2 kalau AP dg merk senao membutuhkan signal 30 keatas. terkecuali pemancar mikrotik routerboard, bisa toleransi diatas 20db.

    2. sama saja dengan alat TP-LInk tlwa601g tersebut, hanya saja pemilihan fungsinya jatuh kepada “Access Point”

    wireless – accesspoint – kemudian centang reboot dan save.

    semoga bisa membantu anda,
    terimakasih atas atensinya disini.

  • ryo says:

    kalo dg TLwa601g sinyal min yg bisa di akses brp pak?

  • KIPLI says:

    salam kenal pak awie…dikantor saya terdapat jaringan LAN dengan bandwith 2 Mbps atau orang indosat menyebutnya 1 iwan(maaf kalo salah menulisnya), LAN ini ditangkap dari BTS INDOSAT yang jaraknya 5 kilometer dari kantor kami. apakah kami bisa memotong jarak dengan menggunakan TLWA601G dan bagaimana caranya?, kami juga bermaksud menggunakan TLWA601G hanya sebagai penagkap signal seprti radiolink yang dipasang dikantor kami dan TLWA601G tersebut hanya untuk satu komputer untuk beraktifitas dengan memaksimalkan bandwith.sekedar info, kami mengetahui IP ADDRESNYA dan juga username and password yang diberikan indosat. dan apakah bandwithnya bisa disamakan dengan bandwith yang ada di kantor kami, agar kami lebih leluasa bekerja dengan menembak langsung dari BTS sumbernya tanpa menurunkan bandwithnya. mohon panduannya

  • didi says:

    Salam kenal mas Awik. Mas awik TL-WA601G ini gak ada driver seperti USB WLAN ya terutama utk Windows, saya cari driver utk Linux pun ga ada tu. Software utk TL-WA601G ini hanya berbasis web ya? Tadinya saya beli utk wardriving ternyata mode monitor aja di BT3 ga bisa. Apa sdh support Linux blm ya mas?

  • awik1212 says:

    @Eri

    bisa pak, maaf baru saat ini menemukan blog lain yang membahas tentang pertanyaan bapak, mungkin bapak bisa coba untuk melihat link di bawah ini.

    http://wiki.mikrotik.com/wiki/Load_Balancing_over_Multiple_Gateways

    atau

    http://diqie.wordpress.com/2007/06/02/load-balancing-with-mikrotik/

    atau

    http://yulian.firdaus.or.id/2007/09/07/load-balance-speedy/

    terimakasih atas kesabarannya menunggu pembahasan dari saya yang sama2 belajar.

    @KIPLI

    terimakasih bapak, atas atensinya, kalau menurut pengertian yang saya tangkap, anda bukan menanyakan tentang metodenya tapi lebih ke kualitas link yang dihasilkan nya apabila menggunakan TPLINK TLwa601G ya?

    saya mencoba menjawab pertanyaan anda, memang bisa menggunakan TPLINK dengan mengikuti cara2 yang telah dibahas oleh para rekan2 diatas, namun terlalu memaksakan menurut saya. disamping itu jarak yang ditempuh juga lumayan jauh. mungkin bapak bisa memilih produk mikrotik untuk bisa menghasilkan kualitas yang bagus. 2Mbps gitu loh…

    @didi
    terimakasih mas didi atas pertanyaan yang sebenarnya juga pingin saya tanyakan kepada vendor TPlink.
    setau saya, driver yang anda maksud bisa anda dapatkan dalam box -nya, atau bisa anda download dari situs http://www.tp-link.com
    namun kenapa tidak mengakses melalui web browser? saya sudah bersama rekan2 membahasnya di komentar di atas.

    coba diakses melalui web browser, saya rasa backtrack versi berapapun bisa untuk mengaksesnya.. semoga dapat membantu.
    terimakasih.

  • didi says:

    Di box ada CD tapi utk TL-WA601G cuma user guide aja mas, krn TL-WA601G itu sdh web based, terus firmware sdh sy update yg terbaru. TL-WA601G utk di BT3 memang sdh bisa digunakan tetapi hanya sebatas mode AP maupun Client , sayangnya utk aplikasi wardriving sepertinya blm support tu. Sangat disayangkan memang. Siapa tahu ada rekan2 yg sdh tahu informasi firmware Linux utk TL-WA601G ini yg sdh bisa utk wardriving, mohon di sharing. Thx anyway mas Awik.

  • awik1212 says:

    @didi

    iya mas.. cuman lebih enak pake yang simpel aja mas.. kalau wardriving pake access point apa ga repot tuh nyari sumber listriknya.. :P

    sama2 mas didi. terimakasih

  • didi says:

    Tadinya saya kira lebih powerfull pake Wifi yg 108MB dibanding Wifi yg 54MB spt TL_WN321G. Kalau masalah listrik ga masalah krn sy bikin POE, jadi TL-WA601G bisa dipasang utk outdoor asal pake box outdoor aja spy tahan panas dan hujan. Sy beli TL-WA601G krn multifungsi (AP, Client, Bridge & Repeater) bukan hanya utk wardriving aja :).

  • Adrian says:

    Pak.. Mohon bantuannya,saya pake TP-Link type TL-WA601G,saya pake mode Client ketika site survey bisa mendapatkan signal 34 dbm,kemudian ketika saya Connect kan signalnya hilang2 timbul,kadang nyambung kadang hilang begitu seterusnya,padahal sebelumnya gak ada masalah,masalah itu timbul setelah 4 bulan radio terpasang.mohon bantuannya……terima kasih

  • awik1212 says:

    saya belum bapak2 mas adrian, haha..
    saya bantu sebisanya ya pak, itu kemungkinan dari sisi AP yang anda connect kan bermasalah, masalah tersebut bernama interferensi..
    untuk mengetahui apa itu interferensi bisa anda buka pada halaman dibawah ini

    http://en.wikipedia.org/wiki/Interference

    untuk kasus anda ini, apakah anda menggunakan antenna tambahan atau antenna bawaan dari tp link nya?
    terimakasih atas partisipasinya.

  • jamboelwannen says:

    mas awik, boleh kan kebo nusu gudhel ? karena anda sebaya anakku ragil, laris blog anda. saya bangga dengan anak muda yang senang berbagi. nih juga mo nanya
    saya sudah set tlwa601g ke mode repeater. mac adress sudah terdetec. sinyal ada.tapi kenapa tidak mau broshing ya. pinging juga replay. mohon pencerahan nggih.
    matur tengkyu

    mbah gaul jamboelwannen.

  • awik1212 says:

    monggo mbah gaul jamboelwannen,
    wah sepertinya harus kelokasi tuh..
    soalnya secara tekhnis, kalau sudah melakukan cara2 dengan benar harusnya bisa langsung browsing..
    atau mungkin bisa mbah reset lagi alatnya, kemudian di set ulang. karena saya pernah menjumpai kasus yang sama kemudian cara terakhir yang saya lakukan adalah mereset alat kemudian set ulang, dan akhirnya bisa..

    matur nuwun sanget sudah sudi mampir..
    semoga bisa membantu. salam kangge putranipun..

  • agus says:

    Mas arief,
    maap mas aku mau tanya dan please dikomentari ya mas.
    aku punya AP tp link 601 +antena grid kucoba nembak hotspot sudah connected dan terus gimana untuk browsing selanjutnya…?udah kucoba gagal terus….
    Terus aku pake usb+wajanbolic nembak hotspot connected sinyal 20%,browsing lancar dan ok….
    cat: hotspot yang saya tembak itu free dan ssid sama.
    pertanyaan:
    * -pakai usb tancap langsung jalan…
    * -kalo pake AP tplink tsb saya udah pada mode client dan di restart serta save, dan di BASIC setting udah connected dgn hotspot tersebut,trs apa yg harus disetel lagi ya mas agar bisa browsing,,,pusing mas.
    tolong ya mas dijawab di emailku ini…aku sangat butuh pencerahan mas.
    takut nganngur AP+grid ku mas
    THANX…..

  • mas oke says:

    pak, saya telah menggunakan AP linksys wrt54, koneksinya udah oke. tapi ketika saya tambah AP TP-Link WA601 dengan jarak 20m dan saya setting sebagai client kok malah mengganggu koneksi AP linksys WRT54. dan sinyalnya hidup-mati.
    yang tanyakan:
    1. apakah dikarenakan ip default-nya kedua AP sama (192.168.1.1)?
    2. bagaimana cara penanganannya karena tujuan saya, AP TP-Link WA601 digunakan seagai client saja.
    3. apakah ip default AP TP-Link WA601 bisa dirubah agar tidak terjadi conflict dengan AP Linkys dan bagaimana caranya?
    sebelumnya terima kasih atas pencerahannya

  • mas oke says:

    nyuwun sewu, ada yang ketinggalan
    software netstumbler bisa scan wi-fi melalui port LAN, karena ketika saya coba kok error disebabkan device pcmcia wireless tidak terpasang.
    bagaimana agar netstumbler bisa dijalankan kalo saya memakai AP WA601.
    terima kasih

  • awik1212 says:

    monggo mas oke, bisa bisa..

    sebelumnya saya ingin menanyakan, maksud dari mengganggu koneksi itu seperti apa?

    saya mencoba menjawab
    1. jika IP sama, namun di akses dari komputer yang berbeda sih bukan masalah.. namun bila di akses oleh satu komputer, sebaiknya salah satu radio di ubah saja IP nya

    2. saya ingin lebih spesifik, untuk penanganan dalam kasus apa?

    3. bisa di ubah.
    pilih network -> kemudian
    type -> static IP
    ip address -> isikan sesuai keinginan anda
    subnet mask -> isikan juga berdasarkan hitungan ip anda
    gatway -> dibiarkan 0.0.0.0 (default) “karena sebagai client”

    terimakasih..
    saya tunggu balasannya ya mas oke.

  • mas saya coba jadiin repeater kok gagal terus ya .. .. boleh bagi tips gak soale AP nya gak berhasil jadi repeater

  • abduh says:

    mas arif saya juga punya masalah sama dengan mas agus yg tgl 21 april.
    setelah di ubah wa601g ke mode client truz di konek ke ap terdekat truz di klik reboot dan save setelah selesai reboot apa lage yg harus dilakukan agar bisa browsing mas saya bingung betul. tolong ya mas di beri pencerahan moga2 mendapat amal jariyah. . .

  • abduh says:

    oya mas saya mau menambahi pertanyaan saya. ap yg saya konek adalah ap gratisan. kalau pake wifi laptop setelah konek langsung bisa browsing tapi kalau pake tplink wa601g gmana browsingx setelah konek???

    • awik1212 says:

      hm… apakah signal sudah diatas 30db? lalu apakah status trafic antara sent dan receive sudah sama2 mengeluarkan nilai?

  • abduh says:

    owh jadi harus diatas 30 db ya mas? saya baru dapat 17-19 db…
    traffic statistics nya yg received: 10919 packet: 199 sent: 3340 packet: 33. nanti setelah sinyal di atas 30db dan di konek langsung bisa ya mas??
    terima kasih ya mas balas pertanyaanx cepat, saya tanya di blog lain dah seminggu lebih gak di balas.

    • awik1212 says:

      yup, karena itu angka minimal pak, coba di pointing ulang..
      ah kalau soal kecepatan itu relative pak, mungkin karena beliau2nya sedang sibuk..
      terimakasih.

  • abduh says:

    mas maaf sebelumx saya banyak tanya.
    saya pakai usb tplink sama radio ap wa601g, keduanya pakai chipset atheros. saat coba konek ke isp langganan, usb wifi tplink langsung konek dan browsing dengan sinyal -65 dbm di netstumbler. yg jadi masalah saya bingung gmana ya biar wa601g bisa konek dan browsing. kata mas kan sinyal minimal wa601g biar bs konek 30 db tapi saya cuma dapat sinyal 21-23 db tidak bs ya konek dgn sinyal sgtu tapi ko yg usb bisa?

    • awik1212 says:

      -65db itu berarti angka nya kurang lebih 35db.
      -40 itu berarti angka nya kurang lebih 60db.
      begitu seterusnya..

      sudah dicoba dengan menggunakan antenna external pak? agar bisa mencapai signal yang bapak inginkan..

  • abduh says:

    oya mas saya mau tanya lagi.
    memang apa bedanya dbm sama db ya?

    • awik1212 says:

      dB (Decibel)

      Merupakan satuan perbedaan (atau Rasio) antara kekuatan daya pancar signal. Penamaannya juga untuk mengenang Alexander Graham Bell (makanya huruf “B” merupakan huruf besar). Satuan ini digunakan untuk menunjukkan efek dari sebuah perangkat terhadap kekuatan atau daya pancar suatu signal.

      Sebagai contoh:

      Sebuah kabel memiliki loss (pelemahan atau redaman) 6dB (besar sekali loss nya ya :< ) atau sebuah amplifier memiliki gain (penguatan) 15 dB. Penggunaan satuan ini sangat berguna karena Penguatan (Gain) ataupun Pelemahan (Loss) dapat dihitung hanya dengan penambahan ataupun pengurangan.

      dBm (dB milliWatt)

      Merupakan satuan kekuatan signal atau daya pancar (Signal Strengh or Power Level). 0 dbm didefinisikan sebagai 1 mW (milliWatt) beban daya pancar, contohnya bisa dari sebuah Antenna ataupun Radio. Daya pancar yang kecil merupakan angka negatif (contoh: -90 dBm).

      Sebagai contoh: Umumnya radio dengan standar 802.11b WLAN memiliki kekuatan daya pancar 15 dbm (32 mW). Radio ini juga memiliki spesifikasi lain contohnya seperti -90 dbM RX Sensitivity (yang merupakan daya pancar minimum untuk mendapatkan throughput 54 Mbps)

      Formula perhitungan dari mW ke dBM adalah sebagai berikut:

      mW = 10dBm/10

      milliwatt (mW) adalah satu per seribu watt (W), atau 1000 milliwatts = 1 watt. watt adalah Standar Unit International dari daya (power). 1 watt = 1 joule energi per detik.

      10 mW = 10.00 dBm
      35 mW = 15.44 dBm
      65 mW = 18.13 dBm
      100 mW = 20.00 dBm
      150 mW = 21.76 dBm
      200 mW = 23.01 dBm
      300 mW = 24.77 dBm
      350 mW = 25.44 dBm
      400 mW = 26.02 dBm
      500 mW = 26.99 dBm
      600 mW = 27.78 dBm

  • abduh says:

    owh saya dah ngerti. kalo gtu pantas aja wa601g punya saya gak mau konek, soalx dapat sinyal lebih lemah dari yg usb. saya kira kalo angka makin tinggi makin kuat sinyalx soalx yg usb: -65dbm yg wa601g: 23db, ternyata dbm dengan db juga menentukan ya.
    makasih mas atas semua bantuan dan pengetahuannya…

  • abduh says:

    mas awik, ni saya mau tanya lagi mudahan gak bosan2 jawab pertanyaan saya. sekarang wa601g saya sudah dapat sinyal 30db bahkan sampai 36db dgn antena kaleng. pertanyaanx masih sama kyk kmaren, setelah konek trus gmana kalo mau browsing? saya coba buka google malah gak bisa padahal dah konek di web base tplink. apakah setting ip di lan card harus automatic atau manual? saya benar2 bingung soalnya baru pertama kali saya pake acces point…

    • awik1212 says:

      hm.. coba permasalahannya di selidiki dari segi IP, apakah bapak punya akses untuk bisa bertanya kepada si pemilik Signal (AP) sehingga bisa mendapatkan bantuan informasi berupa 3 hal penting dalam authorisasi koneksi

      1. IP radio disesuaikan dengan IP gateway si AP atau tidak.
      2. IP komputer di isi dengan IP tertentu atau di setting DHCP.
      3. WEP key, atau kunci pengaman yang dimiliki si Pemancar signal.

      tapi anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan cara paling mudah, coba IP komputer di buat automatic.
      caranya masuk ke control panel -> Network connection -> Local Area Connection -> properties -> Internet Protocol (TCP/IP) -> properties -> Obtain an IP address automatically -> ok

      lalu anda masuk ke start -> run -> ketik “services.msc” lalu pilih DHCP client dan pastikan pada keadaan jalan / started
      bila belum cara settingnya -> startup type nya dibikin automatic -> lalu start.

      semoga bisa membantu, saya tunggu kabar selanjutnya.

  • abduh says:

    lan card sy sudh di setting automatic mas, di services.msc jg dhcp sudah jalan. saking penasaran saya dkatin aj tu tower hotspot mas (kebetulan ad rumah teman saya yg cuma sebelahan sama tu tower) pas saya survey tembus sampai 65-70db langsung aj saya konek, hasilnya? tetap gak bisa browsing. pas saya tanya org yg jaga tu tower katanya ip dikasi otomatis. apa wa601g saya harus di setting dhcp mas? soalx saya setting static dgn gateway dikosongkan

  • abduh says:

    oya mas wa601g saya setting static ip. soalnya kalo di setting dynamic ip atau dhcp, web basenya gak mau di buka lagi di 192.168.1.1
    jadi saya bingung buka web basenya bagaimana kalo pake dhcp? soalnya kalo wa601g di networknya di setting dhcp, web basenya gak mau di buka jadi terpaksa saya restart aj wa601g nya.

  • abduh says:

    oya mas wa601g saya setting static ip. soalnya kalo di setting dynamic ip atau dhcp, web basenya gak mau di buka lagi di 192.168.1.1

    • awik1212 says:

      yup, secara prosedur semua yang anda lakukan sudah benar pak. setelah lan card anda setting otomatis,lalu muncul status kan? connected atau limited or not connectivity?

      lalu setelah masuk dan mencoba mengakses web browser, pesan error yang muncul di browser apa pak?

      ditunggu tanggapannya

  • abduh says:

    setelah lan card di set otomatis, statusnya jadi limited or no connectivity.
    trus web base tplink di 192.168.1.1 gak bisa di buka lagi pesan erornya kalau buka web basenya TIDAK DAPAT TERHUBUNG.
    pesan eror di browser kalo buka internet SERVER TIDAK DITEMUKAN. apa wa601g juga harus di setting dhcp mas? trus kalau saya setting dhcp di bagian (basic setting-network) web basenya gak bisa di buka lagi. gimana jadi buka web basenya? bingung saya. . .

    • awik1212 says:

      berarti anda belum benar-benar terhubung.. pastikan MAC anda tidak ter-black.list oleh Pemancar yang bersangkutan, karena admin hotspot bisa saja melakukan proteksi berupa pemblokiran atas seri MAC dari AP anda. ada baiknya bila semua prosedur sudah anda jalankan, anda bertanya kepada admin hotspot, apakah ada langkah-langkah yang masih terlewatkan, kalau menurut saya, semua yang anda terangkan sudah sesuai dengan prosedur pensettingan AP client.

      AP jangan di setting DHCP, yang disetting DHCP itu komputernya pak

      oh iya pak, ada satu pertanyaan yang kelupaan, saat site survey, pada kolom security, signal hotspot yang bapak akan konek-kan tersebut bertulis ON atau OFF?

      • awik1212 says:

        hm.. kok aneh ya? kalau pake wireless laptop, dapet ip berapa? ada tulisan Assign by DHCP tidak di status connection nya pak?

  • abduh says:

    kalau komputernya di setting dhcp ada peringatan limited or no connectivity pak trus web base gak bisa di buka.
    waktu site survey sinyal yang saya konek di bagian security bertuliskan off.

  • Bambang says:

    mas saya tidak bisa seting tplink tl-wa601g untuk repiternya dari linksys dengan ip 192.168.2.1 password 1234567890 WPA personal TKIP ke TPlink sebagi ripiter client. Tolong pencerahan , terimakasih

    • awik1212 says:

      wah baru saja saya setting repeater di sebuah kost2an, hm..
      coba saat site survey, dapet signal berapa db.. minimal 30db ya pak.. coba di posisikan di tempat yang bisa menghasilkan angka signal yang besar. coba di pointing ulang lagi.

  • jamal says:

    mas wifi saya jenis tp-link TD-W8910G disetting secara DHCP tetapi biasa klo ada user yg konek di laptopnya gak dapet DNS Servers
    contoh:
    IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.2
    Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
    Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
    DHCP Server . . . . . . . . . . . : 192.168.1.1
    DNS Servers . . . . . . . . . . . : 192.168.1.1
    192.168.1.1

    seharusnya:
    IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.2
    Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
    Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
    DHCP Server . . . . . . . . . . . : 192.168.1.1
    DNS Servers . . . . . . . . . . . : 222.333.0.111
    222.333.0.444

    kira2 masalahnya apa?

    • awik1212 says:

      anda menjadikan tp-link TD-W8910G sebagai pemancar sekala kecil untuk ruangan gitu? kalau bole saya tau anda menggunakan windows atau linux, anda sudah mensetting dns?

      untuk setting dns lebih lanjut bisa klik disini

  • jamal says:

    anda menjadikan tp-link TD-W8910G sebagai pemancar sekala kecil untuk ruangan gitu?
    – iya

    kalau bole saya tau anda menggunakan windows atau linux?
    – windows

    anda sudah mensetting dns?
    – sudah saya setting di tp-link TD-W8910G nya

    topologi:
    “speedy” – “tp-link TD-W8910G” – “user”

    btw blh tau YM nya gak mas?

    thnx,

  • abduh says:

    halo mas awik ni saya abduh yg sering tanya2 kmaren…
    saya sudah dapat masalahnya ternyata setelah saya tanya admin katax alamat dns juga harus di setting, alamat dnsnya sudah dapat trus settingnya gmana ya mas? soalnya adminx gak tau juga setting tplink, adminx pake senao.

    • awik1212 says:

      wah akhirnya terpecahkan, langsung saja masukan ke ip komputer
      control pannel -> network connection -> local area connection -> TCP/ip -> properties
      ada disebelah paling bawah.. semoga berhasil.

      • abduh says:

        terima kasih ya mas awik skrg saya sudah bisa pake tplinknya. . .
        nanti kalau ada masalah mohon bantuannya lagi ya mas awik. . .

  • fanny says:

    mohon bantuan set,
    saya pakai 2 line speedy office unlimited, 2 moden DLINK 520B load balance TL R480T+,hub 16 port,
    pertanyaan
    IP MODEM 1 dan 2?
    set load balance ?

    • awik1212 says:

      weits.. load balancing?
      hm.. mungkin nanti bisa saya bikin judul baru ttg itu.. karena ini ttg setting client pd tp-link tlwa601g
      insyaAllah..

  • irfan says:

    salam kenal, saya mau menanyakan tentang 1.produk tp link yang dapat menerima hotspot gratisan?
    2.TL WA601 G apa bisa digunakan untuk menerima sinyal wifi/hotspot?
    3.fungsi soket lan pada TL WA601 G?
    4.sedangkan tl wr 543g pa juga bisa digunakan untuk menerima hotspot gratisan.

    • awik1212 says:

      salam kenal juga,
      1. semua product Tp – link saya rasa mampu bila mampu dijadikan sebagai client bridge (salah satu fitur dari Access Point)
      2. dapat
      3. untuk menjadi output menuju socket LAN di komputer/pc/laptop
      4. bisa, karena ada fitur AP Router Client Bridge

  • Saya baru beli tl-wa601g, dan saya set jd hotspot dengan gateway pc saya. Sudah bisa jalan. Saya bisa online dgn pda melalui ap tsb.

    Bbrp hari lalu ap tsb saya lepas. setelah itu, pasang lagi, setiap pda mau online selalu no gateway.. padahal sudah bisa connect ke ap.

    Bagaimana cara mereset ap tsb ya…?

    • awik1212 says:

      cara mereset cukup mudah, dengan cara menekan tombol reset dibelakang AP.
      caranya
      1. cabut adapter listrik
      2. tekan tombol reset bersamaan dengan di pasangkan listrik dari adapter tersebut
      3. dalam keadaan tombol reset masih tertekan tunggu hingga 10 sampai 20 detik
      4. selesai

  • fery says:

    Salam kenal
    Saya baru beli AP TP Link 601 + Grid saya bingung seting dan cara instalasinya mohon pencerahan dan sofware apa saja yang harus saya siapkan. mhn kirim lewat e-mail. terima kasih
    salam

    • awik1212 says:

      mudah pak,
      bapak hanya perlu menentukan akan dijadikan client untuk mendapatkan signal wifi atau akan bapak pergunakan untuk pemancar signal.
      bila bapak menggunakan untuk client, maka bapak hanya perlu mengikuti tips diatas dengan runtut..
      selamat mencoba

  • Hey, Awik says:

    [...] comment Moes Jum on Hey, berusahalah!awik1212 on cara setting TP-LINK TLWA…awik1212 on cara setting TP-LINK TLWA…learningsoftware on cara setting [...]

  • fery says:

    om. awik, ngrepotin lagi niiich…..
    TP Ling 601 itu untuk clien, saya udah coba cara yang diatas, ampe pindah t4, trus tak coba jg bw AP ke t4 hotspot,IP Adress compi udah saya ganti terus sy konekkan AP tsb pake cabel UTP straigh.send :11 tp reciver: 0, trus tak coba browser 192.168.1.1 jg gak bisa( not Server) pdhl pake wirles di Laptop bisa. dmana yang salah oooom???
    tanks

  • arya sigit says:

    om awix, mo nanya? bisa gak sih nggabungin beberapa hotspot untuk digunakan sebagai satu akses nge-net. soalnya klo pake 1 hotspot kan tergantung pembagian aksesnya oleh yang punya alias admin, nah klo digabungin sapa tahu bisa lebih kuenceng aksesnya…he..he..he… mohon penjelasannya..saat ini saya pake tl-wa601g…

    • awik1212 says:

      pada dasarnya bisa, tekhniknya bernama load balancing. cuman untuk peralatannya berarti juga dari 2 alat, karena 1 alat hanya bisa dipakek untuk menerima satu signal saja..

      ada pertanyaan lagi?

      nuwun.

  • yusufa says:

    salam kenal mas awik
    ni, aq newifie.
    dah lama aq coba setting wl 601+ modif antenanya.
    tuk konek ke hotspot with mikrotik or mac filtering masih terkendala dg mac filter. antena modif wajan+terminal grid. bs nambah 20% signal dibanding double biguad. nah,pertanyaanya?
    1. untuk tl 601 apa ada upgrade-annya so bs change mac system ato bs dikloning.
    2. selain tl 601, AP/WLAn merk apa yang bs support changeable mac addrss. ++ harga terjangkau++mutu standart.

    thanks for respone be4.

    • awik1212 says:

      selamat datang mr. yusufa..
      salam kenal,
      saya juga newbie..

      sejujurnya saya ndak begitu paham untuk masalah oprek hingga bisa mengganti mac address..

      mbok gantian saya yang dibagi ilmu nya mr. yusufa..

      • yusufa says:

        waduh.. kalo saya yang ngajari…..??
        apa ndak keliru..
        utek-utek masalah wifi aja br kemarin.

        yang aq belum ngeh tu tetang mac. itu bawaan mesin apa yang tergolong seri mesin ato hanya identitas software pada chip/biosnya?
        cozz.. klo yang usb kan bs diubah seri mac-nya.
        ato barangkali untuk 601, karena kita bisa akses sebatas coneksi web. jadi tidak bisa kontrol softwarenya? seperti hp gitu..
        tanpa kabel data+programnya. kita tidak bisa config softwarenya.

        ahhhh. puyeng deh… deeeeng!!!!!

  • hujau says:

    Saya sudah menerapkan cara2 yang sudah di paparkan di atas tapi masih tetep ngga’ bisa, apakah masih ada yang harus di setting lagi setelah cara2 diatas diterapkan?. Tempat saya tertutup dengan tembok2 apakah itu juga mempengaruhi? terima kasih

  • bahtar says:

    Mas saya mau tanya nih, gmn saya buat nembak hotspot gratisan kmd pake acces point lagi utk d sebarin ke ruangan2, tanpa pake server? (pake tplink tlwa601 utk client dan AP). info hotspotnya nggak pake pasword, dan saya liat konfigurasi hotspot, speedy—->hub LAN—->wireless AP.

    • awik1212 says:

      yup, bisa banget kalau kasusnya seperti itu, asalkan sudah memenuhi signal minimal (30db) anda bisa mengikuti cara2 diatas, dan semoga berhasil.. monggo kalau ada yang ditanyakan.

  • bahtar says:

    setingan yg d Acces pointnya gmn mas ? maklum newbie nih. rencana saya tplink sbg client dgn ant outdoor—>kabel utp–>tplink sbg acces point. utk client udah ada bayangan tapi utk penyebaran APnya masih belum ada bayangan mas.

    • awik1212 says:

      untuk setting AP?
      mudah saja pak,
      anda masuk ke wireless, kemudian pilih Access point mode, centang bagian reboot dibawah tampilan, lalu save.
      selesai.
      untuk pengamanan, pilih mode security, tambahkan password sesuai dengan keinginan anda.
      selamat mencoba.

  • hery says:

    pak gimana caranya mengatasi bila terjadi interference/ muncul 2 ap sama? .saya menggunakan tl 601 dengan antena yagi. ini terjadi setelah pemakaian kira-kira 6 bulan. salam kenal

    • awik1212 says:

      selamat datang pak hery:
      yang bisa dilakukan dari sisi pemancar untuk interference, caranya cukup mengganti channel saja, namun pada pengaplikasiannya adalah menunggu hingga interference itu lewat/hilang.

      namun ada usaha yang bisa dilakukan dari sisi penerima, client/sisi tempat anda, dengan cara mengganti antenna ke antenna grid, dan diharapkan bisa mendapatkan signal yang tinggi, sehingga ketika interference terjadi, batas ambang sinyal anda masih bisa bertahan menghadapi situasi interference tersebut.

      selamat mencoba,
      nb: tapi untuk murahnya, sebaiknya anda menghubungi pihak AP tersebut, karena situasi interference nya mungkin sudah terlalu parah, karena muncul ap lain yang mengganggu, sebaiknya dilakukan penggantian channel.

      terimakasih.

  • bastanta says:

    salam kenal pak awik
    saya mo bertanta ke bpk,
    perbedaan TL-WN620G dengan 601 apa(mana yg plg bgus)
    tq sbelumnya, mohon di jwb dgn bhsa yg sederhana pak, maklum bego saya ga ketulungan hehehe…..

    • awik1212 says:

      wkwkwkw.. saya juga bego kok pak bustanta
      salam kenal juga pak,
      monggo.. jadi perbedaan ada di bentuk fisik
      setau saya wn602g itu wireless usb ya pak? bukan begitu?
      jadi secara dimensi jelas beda,
      karena lebih besar wa601g.

      secara powerfull juga lebih besar wa601g. karena bisa di tambahkan antenna external untuk menerima signal lebih dari 1km, dengan kondisi tertentu.

      maturnuwun..
      monggo kalau ada yang ditanyakan lagi. mari berdiskusi untuk menghilangkan bego kita masing2x pak..

  • bastanta says:

    kelupaan pak…
    gimana cara sett, TL-WN620G biar konek
    tq

    • awik1212 says:

      wah.. ini dia, jadi untuk setting wn620G itu mudah, tinggal install software tplink, dan mempergunakannya hampir sama dengan cara menggunakan wireless built-in yang ada di laptop.. mudah koq pak, saya beranggapan produk2 tersebut sangat user friendly, jadi monggo di coba dulu menginstall software yang ada disertakan didalam box nya, jangan lupa drivernya pun ikut di install..

  • bastanta says:

    ok udh bisa diinstal pak awik. sewaktu saya scan terdapat beberapa network name(SSID)
    contoh:
    M-LINK17 30dB
    PNN17 29dB
    dll
    yg saya tanyakan
    bagaimana mengkonekkan ke ssid tsb, saya klik 2x langsung di profile management menjadi default tapi ga konek2 sampai kumat darah tingi saya pak (hehehe…).seperti biasa pak…mohon dgn amat sangat dijawab dgn bhasa yg sederhana aja.(begonya lum kurang) tq & sukses buat bpk

    • awik1212 says:

      ada beberapa SSID yang menggunakan WEP key atau biasa disebut kunci pengaman, jadi anda sebaiknya menghubungi kantor SSID terdekat untuk mempersilahkan masuk, sudah tentu biasanya komersil, jadi mbayar dulu.
      atau ada yang model reservasi mac address / identitas alat yang kita miliki, sehingga tanpa pengaman, tetap bisa konek, hanya saja reservasinya itu yang dipungut biaya..
      atau ada masalah dengan signal minimum, karena rata2 usb wireles itu minimal terkonek dengan baik bila signal tertera 50% atau lebih, selama masih dibawah, kayaknya belum bisa konek..
      selamat ngenet selamat ngenet..
      monggo kalau ada yang ditanyakan lagi

  • bastanta says:

    sebelumnya tq atas jwban pak awik. paling tidak ada sedikit pencerahan. mungkin pertayaan berikut diluar konteks, mudah2an pak awik tdk keberatan memberikat wejangannya.
    slama ini saya menggunakan modem flash salah satu operator. signal yg saya terima yaitu HSDPA (100%), maslahnya sewaktu saya ukur kecepatannya melalui speedtest.net, kecepatannya jauh dari yg diklaim oleh operator tsb. mohon tanggapannya pak. tq & skses

  • awik1212 says:

    wah sama2 pak bastanta, ilmu memang harus dibagi2x
    hm.. saya ndak berani mengomentari kasus2 seperti itu.
    cuman perlu bapak ketahui masalah bit dan byte.

    1byte = 8 bit

    dalam penulisan byte dan bit, adalah perbedaan di K besar atau B besar

    seperti ini

    1kBps = 8 kbps

    sekarang tinggal di cocokan saja, berapa kbps, dan berapa kBps antara kenyataan dan yang di klaim kan..

    terimakasih atas supportnya

    • yusufa says:

      ass..

      mas awik.
      boleh nanya nih?
      klo tp-wn322 itu kan pake antena omni internal.
      biasanya impedansi yang di pake keluaran dari tp-wn322 itu berapa ya.coz pemilihan kable kan harus balance.
      pada pemakaian usb wifi ada setting infrastructur dan ad-hoc. bedanya apa? klo ad-hoc sendiri biasanya penggunaanya untuk apa dan bagaimana.
      matur nuwun..

      • awik1212 says:

        walaikumsalam warakhmatullahi wabarakatuh.

        monggo mas,
        saya kurang tahu detailnya untuk impedansi secara umum yang dikeluarkan wn322.

        infrasturtur itu berfungsi untuk mendapatkan signal, atau mengirimkan signal
        seperti disetting menjadi bagian dari sebuah infrastruktur sebuah bagan wireless secara besar.

        sedangkan ad-hoc berfungsi untuk 2 koneksi saja secara bolak balik. satu komputer dengan satu komputer lainnya.

        maaf balesnya lama, karena habis sakit..
        nggih sami2x

  • bahtiar says:

    Mas mau tanya lagi, utk yg kemarin udah bisa nembak hotspot gratisan, tapi kalo acces point di beri pasword buat masing2 user tanpa server ( pake softwarenya AP sendiri) apakah bisa?

    • awik1212 says:

      passwordnya hanya dalam bentuk WEP security mode.. tapi kalau sampe password yang sifatnya per masing2 user berbeda2 kayaknya belum ada sih,

  • wiby says:

    mas awik salam kenal,
    mas mau nanya nih. saya sudah coba setingan seperti yang ada di posting mas awik, setelah saya survey dapet 8 AP
    tetapi kalo saya survey pake netsumbler kok gak ada yang nyantol satu pun… mohon solusinya.. yank

    • awik1212 says:

      oke, mas wiby..
      kalau netstumbler memang hanya bisa dilakukan bila menggunakan wireless yang bersifat internal.
      seperti wireless yang terinstall sebagai device sebauh computer.
      maaf ada update data terbaru seperti itu
      dan mohon maaf balesnya lama, karena habis sakit nih.

  • bahtiar says:

    mas mau tanya saya mau sharing internet komputer saya, topologinya laptop(internet)–utp–AP—–AP(client)—hub—komputer client. waktu laptop udah conect jaringan udah oke tp client nggak bisa browsing? seting dhcpnya dan seting sharenya gmn d laptop server?

  • bahtiar says:

    di client ip adrres yg terdeteksi 192.168.0.xxx, subnetmask 255.255.255.0, default gateway=dns server 192.168.0.1 sama d laptop server. internet sharing dgn menshare modem hpnya (6120) lewat properties, tapi setelah itu d client tdk konek klo browsing di browser

    • awik1212 says:

      wuih.. ada 1000 alasan mengapa tidak bisa terkonek, coba lebih pelan-pelan lagi pak untuk setting-an nya, mungkin ada beberapa langkah yang terlewati. semoga sukses!!

  • test_wae says:

    gimana cara seting jadi repeater kok setalh saya masukkan mac ap utama ssid repeaternya malah hilang

  • libra says:

    saya baru mengenal wireles access point dan microtik yang ingin pertanyakan gemana cara setting microtik dan AP dan gemana setting AP sebagai repeater tanpa menggunakan kabel belden
    keterangan Wireles Access Point seri TL-WA601G

    • awik1212 says:

      mudah saja pak..
      sama seperti cara setting client yang tergambar diatas, hanya saja letakkan pilihan pada repeater dan masukan MAC address AP yang ingin anda repeat kan..

  • bluesuxan says:

    numpang tanya Pak, saya newbie neh….
    Saya pakai komputer motherboardnya BIOSTAR P4M900 dgn Proc E5300 mem 1 Ghz sudah saya install winxp lancar jaya tapi begitu saya tambah card WiFi merk TP-LINK WN551G dan saya install driver nya kok sudah hang. Saya coba install winxpnya trus install driver card wifi juga hang knapa ya ? bagaimana solusinya ? ditunggu jawabannya via email aja dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  • jerry says:

    salam kenal maz awik:) gini maz,, kebetulan saya jg pke tplink wa601g,, awal’ny saya jg bingung cara setting’ny,, untung ada maz awik,, jd saya udah berhasil setting tu alat… gini maz awik,, kebetulan saya pke wajanbolic+tplink wa601g buat nembak free hotspot deket rumah saya,, cm masalahny,, setelah saya survey, dan dapat sinyal 36dB, knp masih g bisa connect?? pdhl itu hotspot free,, dan tanpa mac filtering… kira2 knp ya maz awik?? dan saya jg bingung knp di basic setting tplink saya, gak ada option reboot’ny,, padahal di tutorial maz di atas,, setelah survey harus di centang reboot dlu baru di save… jd saya biasanya setelah survey,, saya save,, baru saya reboot secara manual lewat system tools,, apa itu sama ato beda dengan cara maz di atas… kira2 knp ini maz awik??? sebelumny saya ucapkan terimakasih yg sebesar2ny ke maz awik:)

    • awik1212 says:

      itu beda firmware nya bos, saya pernah nyoba juga.. kalau masalah tidak bisa connect? kemungkinan hotspot tersebut memiliki ip request sendiri yang nanti harus dimasukan ke TCP/IP Local Area Connection Properties nya.. maaf lama balesnya bos..

  • jerry says:

    maz maaf mau nambahin,, maksud saya setelah saya dpt sinyal kira2 36dB saya coba connect’in,, sudah bisa connect dan di activities network’ny,, sent sama received log’ny jg udah jalan… kira2 apa problem’ny ya maz awik????

  • anto says:

    slm knl mas awik.sya br bli tplink wa601g.rencananya akn di set sbagai client.sya sdah ikuti langkah2 diatas.tp kok ttp g’bs ya?ap servernya pke DHCP.tp di PC sya kok ga’ dapat IP..IP AP 192.168.182.XX..mohon pencerahannya.

  • riyan ahmad says:

    salam knal mas, saya mw tanya, gmana cara connect tp link wa 601 g ke hotspot yang ada passwordnya.. saya sudah tahu passwordnya, tapi tidak tahu dimana kolom untuk mengisi passwrodnya.. trus apakah tp lingk wa 601 g bisa diconnect ke jaringan ad hoc?? terimakasih atas jawabannya…

  • steven says:

    mau tanya pak,
    kata nya TL WN 422 G bisa sebagai pemancar wifi dengan mengunakan modem telkomsel flash yg mana flash dan Wn 422g nya d pasang d pc. dan laptop sebagai penerima nya. mohon d bantu pak cara settingan nya. terima kasih.

  • abbaz says:

    slm knal pak…
    mo tanya ni gmn cara setting tp ling wa601 g sebagai client.AP yg mau saya konek WEP.saya sudah dapatkankan MAC & passwordnya.mohon bantuanya trimakasih….

  • yudhie73 says:

    saya baru aja membeli TPLink WA601,dengan tujuan agar kemampuan wireless laptop saya meningkat.tp setelah saya setting dan pakai ternyata tdk sesuai spt yg saya kehendaki.pd system wireless laptop saya, saya bisa menikmati hotspot dengan system DHCP,sehingga sy tdk perlu mengetahui IP hotspot(ISP)yg ada.langsung otomatis connect,tp setelah saya pakai radio tplink saya harus tau IP hotspot yg saya kehendaki.
    pertanyaan saya.bisakah tplink 601 yg baru saya beli ini di perlakukan persis seperti wireles pd laptop saya.saya tinggal survey,connect dan langsung otomatis jalan tanpa hrs setting IP lagi.
    adakah perangkat lain yg bisa sesuai dg yg saya kehendaki yaitu persis spt wireless aslinya laptop.tinggal survey dan connect.trima kasih

    • awik1212 says:

      saya baru aja membeli TPLink WA601,dengan tujuan agar kemampuan wireless laptop saya meningkat. pernyataan bapak memang sudah salah persepsi sejak awal.
      sebenarnya alat tersebut tidak men-combine kemampuannya dengan kemampuan yang dimiliki oleh wifi laptop.
      sebenarnya penerapannya sama saja, tidak berbeda, namun terlebih dahulu harus melakukan setting di web-browser anda untuk dapat menggunakan wa601g tersebut.

      saya ingin mencoba menjawab pertanyaan anda,
      1. bisa, dengan beberapa tahapan seperti yang saya jelaskan diatas.
      2. untuk perangkat, sebaiknya melihat sisi efisiensi dari pembelanjaannya, kalaupun sudah bisa dengan wifi laptop, mengapa harus di tambah alat.

      terimakasih, semoga dapat membantu permasalahan anda.

  • popo says:

    lam kenal yah dari kendal nih

    saya mau tanya dikit untuk setting awal misal nya
    Acces POint ( AP ) untuk nembak hotspot yang IP nya 199.168.1.1
    namun di PC nya saya mau di share lagi dengan IP 192.168.0.1 gimana cara setting untuk konfigurasi di dalam radio tersebut agar semua client di kantor saya bisa internetan juga dengan server PC saya….
    ini kronologisnya :
    HOTSPOT——RADIO AP ( TP LINK )——PC—-KOMP CLIENT ,, gitu aja pak terimakasih sebelumnya.

    • awik1212 says:

      salam kenal juga pak,

      kalau sudah terkoneksi dengan baik, bapak hanya perlu menambahkan “router” saja, router stand alone merk tplink sangat terjangkau harganya, namun apabila ingin membagi dengan menggunakan PC router, saya ingin tahu terlebih dahulu, anda menggunakan linux atau windows?

      monggo saling berbagi ilmu.
      ditunggu tanggapannya.

  • satya says:

    Taq coba dulu .ini yang kucari2 keterangane manteb.sekali lagi makasih

  • satya says:

    mas ap saya terlanjur di atas.tp setingan keliru ,cara reset nya gimana.mohon petunjuk

    • awik1212 says:

      wah.. kalau masih bisa masuk AP nya masuk aja di system tool, lalu factory reset default.
      tapi kalau udah ga bisa masuk menu AP nya ya harus diturunkan dan direset manual.

      cara reset,
      cabut listriknya, tekan resetnya, tahan jangan dilepaskan, lalu masukan listriknya kembali, baru setelah kira2 10 detik, nanti lepaskan resetnya..

      semoga berhasil

  • ivan says:

    akses point saya sudah bisa terkoneksi dengan lancar, tetapi kadang2 koneksi menjadi lambat banget. setelah saya cek salah satu client sedang download dengan download akselerator. pertanyaan saya, apa ada software gratis untuk membagi bandith untuk client yang, atau ada cara yang lain?

    • awik1212 says:

      selamat datang pak ivan
      owww… :) itu emang resiko kalau tidak menggunakan router terlebih dahulu.. jadi dari sumber koneksi langsung colok ke AP?
      software apa ya, kalau aku pernah denger sih pake winroute
      tapi aku belum pernah make. :D

  • rudi says:

    Termakasih pak infonya, kebetulan saya lagi pusing dengan Ap TL-Link yang sudah terlanjur nongkrong diatas bambu,dengan memperpanjang kabel ac dan lan,selakian tanya , dari langkah langkah diatas saya sudah lakukan, tetapi saat ping ke ip, nggak mau masuk,ke web browser juga tetap,apa kesalahan terjadi pada ap saya,mohon pencerahan, terimakasih…
    oh ya maaf salam kenal dari Indramayu

    • Vyan RH says:

      Wah mas Awik kayaknya kerepotan ngejawabnya neh..
      Aku bantu ya mas Awik.. (maaf)
      @Rudy:
      Yakinkan dulu kabel yg terpasang adalah “pair”, kemudian power sudah masuk ke radio dg melihat LED nyala.
      Default WA601 ipnya 192.168.1.1, jangan lupa isikan pada ip LAN di CPU dengan 192.168.1.2 (bisa s/d 255 tergantung selera), kemudian dari browser ketik 192.168.1.1 trus enter maka akan masuk ke menu ID dan pass….
      ****Baiknya sebelum dipasang di tiang cek semua peralatan berjalan****
      Demikian mas Rudy semoga bermanfaat, Utk mas Awik maaf aku nyelonong…. Blog anda hebat.. terus berkarya..

      • awik1212 says:

        terimkasih mas vyan, saya juga mau menambahkan, sebelumnya saya ingin menanyakan ke mas rudi, tentang kabel LAN yang digunakan, karena penggunan merk kabel LAN juga sangat berpengaruh terhadap LOSS / tidak konek karena berbeda harga berbeda kualitas juga.
        emang itu berapa meter mas kabelnya?

        @ mas vyan : hebat? ndak mas.. saya masih cupu koq

  • dedy says:

    saya mau menayakan untuk koneksikan grid saya dgn radio tp-link wa601g (sebagai client) ke AP, gmn yah? saya sudah coba tapi tetap gak bisa. untuk AP saya pake IP static 192.168.1.1. kira2 untuk IP radio client brp yah? apa DHCP atau static juga? mohon bantuannya. terima kasih.

    • Vyan RH says:

      nimbrung jawab lagi
      @Dedy:
      Kalo ip client radio tidak harus sama dengan ip radio AP. Penyamaan ip pada tiap radio dimaksudkan untuk memudahkan maintenance client.
      Pemakaian DHCP khusus untuk AP yang mengaktifkan DHCP server pada radionya, bila tidak diaktifkan maka client harus diisi static.
      Bila anda sudah tau ip pada AP iru 192.168.1.1, maka anda tinggal ikuti saja dengan mengubah angka terakhir dengan angka 2 s/d 255. Gampang kan.. Semoga bermanfaat.
      Sekali lagi maaf mas Awik…aku nambahin..

  • gustiadi says:

    lam knl … kalau mau ngeret password dan ip dari access point lupa… gimana nya…

    • awik1212 says:

      cara reset,
      cabut listriknya, tekan resetnya, tahan jangan dilepaskan, lalu masukan listriknya kembali, baru setelah kira2 10 detik, nanti lepaskan resetnya..

      semoga berhasil

      • Nyoman T.Palguna says:

        maaf mas ikutan juga…
        sebelumnya salam kenal dari bali nih….

        Mas ..gimana kalau kalau ap nya ada di tiang 10 meter / Ada ndak cara reset yang lain selain teken tombol reset secara manual…? atau gimana cara detek ip nya tanpa menurunkan ap nya..?

      • awik1212 says:

        buat mas nyoman :
        iya mas salam kenal juga…

        kalau reset ya bisa sih, dari dalem, tapi harus tau ip username dan passwordnya.. kalau engga ya berarti tetep reset manual.

      • Nyoman T.Palguna says:

        thank’s mas awik….
        mo tanya lebih lanjut nih..
        kita pakai ap 3 biji , 1 pakai d-link untuk area lab dan terkonek ke hub, 2 pakai tp-link terpasang di antena ( yang satunya pakai untuk sekitar kampus yang satunya pakai nembak ke rumah rektor yg jaraknya kira2 2 km.
        nah masalahnya sekarang yang nembak ini ada sinyalnya terdeteksi tapi ip apnya tidak bisa dibuka lagi ( maksud kami biar bisa dipassword/ soalnya kemarin open), sama halnya untuk area kampus juga tidak bisa dibuka setting ap-nya, kira2 apa ya penyebabnya…
        maaf mas kalau cara bertanya saya rada membingungkan…soalnya masih belajar nih…

        salam dari denpasar-Bali

      • awik1212 says:

        asalkan pada saat site survey, dan dikolom security tertulis OFF, berarti tidak menggunakan password. tapi bisa jadi di tempat rektor itu ada proteksi semacam “mac filtering”, jadi hanya mac – mac yang terdaftar saja yang bisa mendapatkan “jatah”.

        tapi kalau dalam kolom security tertulis ON< berarti harus ada password, nah masalah membobol password, saya kurang paham.

        semoga membantu,
        omswastiastu.

      • Nyoman T.Palguna says:

        Om Swastyastu…

        mungkin memang harus diturunin ..tu ap dari tiangnya biar bisa diresset manual..
        Lain Kali Saya mohon bantuannya jika menemui kesulitan setelah ressetnya…

        trimakasih banyak mas awik…terus berkarya..dan semoga tuhan memberkati amal dan ibadahnya…

        Om Shanti Shanti Shanti Om ( Semoga Damai di dunia dan di hati )

  • Jaka says:

    Mas Awik, saya mau tanya nih dan tolong di bantu ya…

    Bagaimana cara setting untuk Access Point TP-link 5110G dengan modem ADSL agar bisa untuk berinternet bersama, tanpa menggunakan server.
    Jadi dari Access Point tersebut langsung masuk ke modem dan Online kebetulan saya ambil paket unlimited, siap untuk di akses dari komputer client.
    Dan juga tolong cara meng-aktfkan passwordnya agar tidak dicuri.

    Mohon petunjuk beserta langkah-langkahnya.
    terimakasih

    • awik1212 says:

      jadi topologinya modem adsl —> tp-link

      tp-link menjadi pemancar kan? mudah saja, lakukan cara diatas, namun pada menu wireless, pilih saja access point, dan berikan nama access point sesukanya untuk membroadcast ssid

      lalu untuk security,
      tinggal terapkan WEP pada menu security
      sesudah itu reboot.

      selesai..

  • saya memakai TL-WA601G sebagai client ..!lalu kabel lan saya masukin switch hub.apakah bisa dari switch hub ke AP lagi untuk pancarin .. ?terima kasih …

    • awik1212 says:

      secara fisik, AP tersebut hanya memiliki satu lobang LAN mas,
      tapi kalau anda menginginkan, menerima signal, lalu dipancarkan ulang, ada fitur dari AP tersebut, yaitu “repeater”. tinggal ikuti langkah diatas, dan dalam menu wireless silahkan pilih repeater.
      survey.
      untuk menjadi client dari SSID yang anda pilih
      save.
      kemudian reboot.
      selesai.
      terimkasih sudah mampir.

  • Jaka says:

    Mas Awik, bagaimana cara bikin password untuk AP TP-link WA5110G.
    Jadi setiap client harus masukin password..?
    Dan juga apa bisa alamat default IP 192.168.1.1 untuk AP diganti..?

    thanks.

    • awik1212 says:

      untuk setting password, itu dimasukan ke menu security. kemudian pilih saja fitur WEP, dan isikan angka yang di inginkan

      kalau mengganti alamat default itu, masuk saja ke menu network, lalu setting ip yang diinginkan.

      terimakasih

  • Jaka says:

    Mas Awiek, saya rencana mau buat RT/RW net apa saja yang dibutuhkan..?
    Kebetulan saya sudah ada antena 2 macam TP-link omni 12DB dan TP-link grid 24DB beserta kabel pigtailnya dan juga HUB/Switch D-link 8 port serta kabel UTP-Belden USA 1 box serta UPS.
    Masih kurang apalagi alat-alat yang harus disediakan dan juga untuk ketinggian idealnya berapa meter dari ground mohon untuk info detailnya.
    Mungkin mas Awiek bisa langsung email.

    thanks

    • awik1212 says:

      lokasi dimana pak? itu udah alatnya memenuhi tinggal setting saja..

      • jaka says:

        lokasi di jogja mas, ma’af baru bisa balas and baru bisa online.
        kemarin sudah saya coba tapi ada kecepatan kok tidak merata ya…??

      • awik1212 says:

        kalau masalah kecepatan tidak merata, berarti anda belum setting queue tree nya..

        queue tree itu adalah pembatasan jumlah bandwidth yang bisa diterima per-client ditempat anda.

        jadi biasanya ndak merata itu dikarenakan ada user yang melakukan “penyerapan” bandwidth dengan menggunakan tool-tool yang memang disediakan untuk mengoptimalkan koneksi.

      • Jaka says:

        cara setting queue tree bagaimana bisa di tunjukan langkah-langkahnya mas awiek.
        atau perlu software atau bagaimana..?

      • awik1212 says:

        lebih mudah menggunakan server mikrotik, anda bisa browsing di internet dengan kata kunci ” cara setting queue mikrotik server”

  • saya memakai ap tl-wa601g,saya beli pertama saya hubungkan kehotspot sudah bisa tapi setelah 2 minggu kenapa tak bisa konect kembali….sedangkan hotspot yg dituju free…dan sudah saya coba…!

    ada apa dengan tl-wa601g saya….?butuh bantuan bos saya…

    terima kasih…

    • awik1212 says:

      sudah tanya sama adminnya mas? karena ada beberapa admin yang mem-blok id AP orang yang dianggap abnormal dalam pemakaian.
      contoh : warung hotspot udah tutup, tapi dalam log masih ter-rekam aktivitas penggunaannya..

      biasanya admin akan melakukan block mac address anda, lalu AP anda sama sekali tidak bisa mengakses hotspot tersebut, selama mac anda masih dalam list block nya.

      solusi : di tanyakan langsung ke adminnya, mungkin adminnya minta biaya perawatan alat juga.. hehehe..

  • Jaka says:

    Saya telah beli microtic RB750, tapi bingung cara settingnya.
    rumit tidak seperti tp-link.
    yang katanya hardware tersebut bisa atasi maslah band with client.
    tapi masih blum bisa settingnya.

    • awik1212 says:

      maka itu kenapa tenaga kerja yang menguasi mikrotik gajinya gede mas.. :P

      • padahal saya memakai wajan bolic bisa mas dan itu pun saya sudah memakai satu tahun lebih, sampai skrng pun saya pakai wajan bolic pun masih bisa, tapi knapa stlah 2 minggu saya memakai access point tidak conect sedangkan wajan bolic saya bisa conect…masak itu karena mikrotik sedangkan hotspot yang saya tuju free ( gratis ) trima kasih

      • awik1212 says:

        :D, ini koq loncat2 ya pertanyaanya mas yudha, yang saya bicarakan dengan mas jaka itu beda kasus dengan punya mas yudha.

  • R. Yudianto says:

    Salam kenal Mas Awik,

    Langsung saja ke pertanyaan, Saya Pakai TP-LINK W8901G .
    Bagaimana cara membuat password untuk WiFi nya. Karena biar penggunaan internet di rumah bisa dikontrol. Terutama biar tetangga rumah ga sering pake secara langsung. Saya mau memproteksi ini. Selama ini tetangga main terus, senenaknya saja.

    Mohon pencerahannya mas,

    Thanks

    • awik1212 says:

      salam kenal juga.
      coba menggunakan password WEP saja pak, saya belum nyoba langsung tplink w8901g secara langsung, tapi kalau di tplink tlwa601g ini fitur password ada di

      wireless -> security setting
      lalu pilih wep, masukan 10 digit angka dengan memilih WEP, 128-bit.

      untuk angka terserah, dan satu hal, jangan lupa mencatatnya..

      terimakasih..

  • rully says:

    Salam kenal Mas Awik,

    Langsung saja ke pertanyaan, Saya Pakai TP-LINK W8901G .
    di kantor saya pak pakai speedy terus dipasar akai TP-LINK W8901G. saya setting wireless nya menggunakan laptop saya sendiri, setelah sudah di setting saya coba cari wireless nya dengan laptop saya tidak ditemukan, namun di komputer lain bisa ditemukan
    mohon bantuanya apa solusinya agar di laptop saya
    bisa menemukan wireless tersebut
    terimakasih

    • awik1212 says:

      salam kenal juga mas rully,

      itu kemungkinan bukan di AP nya tapi ada di sisi laptop anda, coba anda utak-utik saja di wireless device anda.

      tapi kalau mau cara extreem, silahkan di reinstall wirelessnya.
      caranya, masuk ke
      control pannel -> administrative tools -> computer management -> device manager -> network adapter -> wireless network bla-bla.. itu di klik kanan, lalu uninstall, kemudian tekan f5 atau refress, atau direstart pcnya..
      kemudian akan di install ulang wireless device anda secara otomatis oleh windows..

      semoga berhasil.
      jadi intinya, kemungkinan bukan terjadi kesalahan pada AP TPlink nya

  • rully says:

    Ma awik,
    Menyambung yang tadi dikantor saya ad 2 wireless
    Dengan laptop saya wireless yg baru dipasang tadi ga. Ketemu namun wireless yang lama ada
    Sedangkan dengan komputer lain dua-duanya muncul mas.
    Apakah ada pengaruh jika pertama kali setting wireless tp link tersebut menggunakab laptop saya
    Terimakasih

  • mas awik …..

    anda tau tidak cara ganti mac address bawaan TL-WA601G? atau cara hackingnya ..?

  • wawan says:

    di dekat rumah saya terdapat sebuah hotspot gratisan dan saya memiliki tp-link wa 601g.setelah saya seting sbagai clien,dan saya survey tertangkaplah sinyal dari hotspot gratisan tersebut. tetapi saya tetap tidak bisa browsing. padahal jika kita menggunakan laptop, kita bisa langsung browsing.mohon penjelasan setingan yang benar agar saya bisa browsing dari hotspot gratisan tersebut.
    terima kasih

  • wawan says:

    kira-kira 500 meter

  • rully says:

    mas awik
    sudah saya otak atik setting wirelessnya terus saya uninstal wireless dilaptop saya. masih tetep juga hari ini saya instal ulang windowsnya sama saja tetep mas wireless yang baru tetep tidak ditemukan cuman wireless yang lama aja ketemu gmana mas solusinya
    teimakasih

    • awik1212 says:

      agak aneh juga ya.. berarti kesalahan ada dilaptopnya itu pak, coba ditanyakan ke bagian technical support dikantor anda pak. jadi tidak usah khawatir ada kesalahan di setting tp-link nya.

      • rully says:

        hehehehe
        mas awik kebetulan tehnical suportnya
        saya sendiri yang setting wireless access point itu saya kok malah saya yang ga bisa conect

  • ahmad says:

    mas cara nganti uesr name dan pasword dari admi ke nama lain gimana ya?aq paka wa601g trims,tak tunggu jawabanya

  • ahmad says:

    maaf satu lagi pertanyaan lupa jeeeeee…cara seting wa601g biar bisa nerima sekaligus memancarkan…
    di rumahku udah dapat sinyal dan conect..bagus . gimana setingya toloooooooooooong bales.tank….

  • Eri says:

    MAs Awik..
    Saya mau nanya lagi neh…
    Saya kan baru saja beli TP WA5110G, disana kan ada menu pilihhan seting mode yaitu (1) client WDS broadband, (2) AP router broadband (3) AP
    Kalau untuk seting Ap saya sudah paham Mas Awik. tetapi untuk seting AP router broadband saya agak kurang paham, mohon penjelasan Mas Awik tentang :
    (1). Apa yang dimaksud dengan AP router broadband dan apa fungsinya, karena saya lihat dia tetap bisa memancarkan sinyal seperti AP, tetapi kekuatan sinyalnya beda dengan mode AP.
    (2). Untuk menyeting saat posisi AP router broadband bagaimana cara nya mas? karena saya coba untuk masuk ke sistem via google dengan 192.168.X.X sesuai nomor IP adress nggak mau masuk ke sistem. Mohon penjelasa mas bagaimana cara masuk ke sistem dalam posis mode AP router broadband.
    (3). Apakahn TP WA5110G bisa membagi IP client sesuai dengan batasan bandwidth yang kita inginkan? kalau bisa bagaimana cara nya dan dimana masuknya?
    (4). Apakah TP WA601G bisa kita kasih PoE, kalau bisa gimana caranya ?

  • satiyo says:

    Mas admin, saya dah baca artikel di atas, namun permasalahan saya kok ndak ada! makanya saya mau nanya nih, saya di rumah pake TD-W8910G modem wireless roter speedy, terus saya coba pasang tp link tl-wa601g sebagai repeater. masalahnya kok repeater ndak mancar ya mas? saya pernah baca tentang tl wa601g katanya harus ada wds. apa TD-W8910G tidak suport WDS ya , sehingga tl wa601 tidak mancar? mohon pencerahan mas. terimakasih sebelumnya.

  • satiyo says:

    Oh iya lupa mas Awik, ap tl wa601g untuk ip addressnya saya setting dhcp

  • satiyo says:

    mas awik, saya mo nembak mireless tplink td w8910g pake tp link tl wa601g, apa aja syarat2 dari penyambungan ini? td w8910g saya set dhcp.

  • idris rochmad says:

    password login TP-link nya sama dengan password ADSL speedy (sanex) sehingga tidak bisa masuk login TP-lINK terus gimana boss.trims

    • awik1212 says:

      password default :

      user : admin
      pass : admin atau 1234
      ada beberapa alat yang diberi password admin, ada yang 1234. tergantung distributornya. saya pernah menjumpai hal yang demikian

      kalau lupa password tplinknya, anda cukup menekan tombol reset dengan pinset atau lidi, selama 10 detik, dengan posisi adaptor anda lepas. begitu sudah anda tekan tombol resetnya, lalu adaptor dimasukan lagi ke colokan. tunggu hingga 10 detik. lalu lepas pinset / lidi yang anda tekan kan pada tombol reset.

      otomatis akan menjadi ke settingan awal (default)

  • joe says:

    Mas Awik, mo nanya nih mas aku dah setting TL WA601G sebagai AP + ant omni TP Link jg sudah jadi dan sudah ok tapi selang 1 minggu ko sinyal client drop yang tadinya 4 bar jadi tinggal 2 apa mungkin power AP-nya turun pdhal jarang losnya hanya 200m-an, memang sih ada pohon. Kira-kira yang drop power USB wifi apa power AP-nya ya mas, mohon pencerahannya. Thanks.

    • awik1212 says:

      ada istilah inteference dalam dunia wireless, kemungkinan naik turun itu pasti ada.
      karena kasus crowded-nya SSID lain yang berada di jangkauan anda ikut mempengaruhi sinyal anda. semakin crowded semakin tinggi gangguan inteference nya..

      kemudian dari sisi lingkungannya, salah satu hal yang menyebabkan sinyal terganggu adalah pohon, dan bangunan.. dan segala hal yang mengganggu pandangan client ke pemancar anda

      dari sisi alat, kemungkinan kecil sekali. dan jarang

  • dedek says:

    Tanya saya server pakai mikrotik dgn in 192.168.20.1/24 salah satu client RTRWNET saya pakai TP link TL-WR543G yang ada 1 wan dan 4 port utp yang saya tanyakan kenapa kalau pelanggan saya itu menggunakan 4 port tadi untuk 4 PC client lagi kog pasword dari mikrotik saya gak ada alias tanpa pasword, gimana donk penyelesaiannya Help Help Help !!!!

  • dwi says:

    cara upgrade firmware tl-wa601g yang mudah & aman gimana ya bozzz..???

    • awik1212 says:

      Langkah 1 Login ke dalam Router dengan mengetikkan http://192.168.1.1 ( atau IP devicenya ) pada bidang alamat browser (seperti Internet Explorer, Netscape). Kedua Nama Pengguna dan Password adalah admin kecuali Anda telah merubah itu.

      Langkah 2 Klik System Tools> Firmware di sebelah kiri, klik tombol Browse untuk memilih firmware (. Bin file) sebelum anda download.

      Langkah 3 Klik pada tombol Upgrade, Tunggu router untuk reboot.

      Langkah 4 Pastikan bahwa router’s firmware yang ditingkatkan ( di upgrade ).

      Langkah 5 Masukkan kembali pengaturan yang telah dicatat sebelumnya.

      link untuk downloadnya..

      http://www.tp-link.com/support/download.asp?a=1&m=TL-WA601G

  • nank says:

    bisa nggak modem wifi d-link dsl-264 menerima signal wifi yang lain mohon bantuan nya

  • heru says:

    mas awik. kalau saya punya AP Planet WAP-1950.
    untuk di set sebagai client gimana ya caranya?
    Sory nih mlenceng dari jalur.
    Soale aku dah mumet mikirnya ( wah … kok sambat neng kene?? )

    nuwun

  • marshal says:

    bos numpang tanya boleh ya mengenai seting TP Link Tl-WA601g saya kesulitan.sesuai penjelas yg paling atas saya sudah paham namun ini masalah dirumahku lain dari pada yg lain. 1.saya langganan hotspot swasta( dari abadinet)solo.yg masih tetangga unlimited 100rb /bln. dan saya langgan 2 ip adres tapi saturumah . satu laptop lt atas tak ada masalah yg di lantai bawah masalah penerimaan s hanya 2 bar.kemudian aku mencoba beli tp link tsb .dan saya set u/ repiter biar tambah sinyal maksudnya yg laptop bawah, tenyata saya selau kesulitan karena setiap saya seting, selalu bertubrukan.apabila bawah bisa ,atas nggak bisa . begitu sebaliknya. mohon ilmunya bos ,2.caranya seting apabila ganti laptop automatis wifi detex dan bisa digunakan tampa harus merubah ip . danjuga apabila bertukar laptop antara lantai atas dan bawah tidak bermasalah. tanpa seting ip. trimakasih ya bos semoga amal ibadah ini alloh yg membalas.amin

    • awik1212 says:

      berarti, dirumah punya 2 AP ya?
      satu sebagai client, satu sebagai repeater?

      kalau saya lihat dari penjelasan anda, sepertinya ada masalah pada IP yang anda pakai, sepertinya bukan bermasalah di AP.

      sudah anda konsultasikan kepada penyedia jasa internetnya mas?

      terimakasih atas doanya..

  • marshal says:

    iya bos 2 langganan , tapi satu pancaran dari hotspot ,dan saya sudah sampaikan tehnisinya dan juga ikut seting tapi ya nggak jadi jadi,dan sampai sek belum juga bisa sehingga cari cari pakarnya ketemu blog awik1212 wah nih namanya pakar beneran , begitu bos ceritanya. dan aku tambahin ya bos maksud saya yg 1 IP saja yg pengen aku gedekan sinyal nya , yaitu IP yg dibawah saja ,demikian bos.trimakasih

  • marshal says:

    maaf bos sampai lupa untuk saat ini saya tidak menggunakan tp link nya bos karena laptopyg bawah bisa juga jalan dan lelet banget karena sinyal kecil, sehingga aku coba beli pakai tp link ,itupun saran tehnisinya aku ikutin ,nun jauh disana apa daya tangan dan pikiran tehnisi tak nyampai. semoga saya tambah pengalaman dari pakar awik1212. tks solusi.

  • dedek says:

    Salam kenal Boss . . .!
    Tanya ya… ! Kalau membuat Hotspot Kampus dengan user yang banyak, ya setidaknya yang online bareng ada 250 mahasiswa, pakai apa donk APnya, saya dengan kalau pakai tplink cuma 15 user trus gimana donk . . . ! Terima Kasih

  • heru says:

    Bung Awik

    Usul nih.

    Gimana kalau bung juga buka pembahasan AP merk lain, atau kalau masih merk TL WA601G, ya dgn mode AP.
    Kalau dari mode client, kayaknya sudah cukup banyak ya?( masih banyak yg bingung …….maksudnya !!?? )

    Ya.. mungkin di blag blig blug blog yg lain.
    Sory yach kalau kurang berkenan, cuma usul sih, buat penyegaran.

    Nuwun.

  • wheru says:

    Saya dah berhasil jalankan hotspot dgn speedy. AP dan 2 client semua pake TL-WA601G. security WEP.

    [1].Persoalan yg sering ditemukan adalah connecting ke internetnya yg lama (sering mengulang-ulang redial). Apakah ini ada hubungan dgn pemakain ke dua client tsb secara bersama-sama?

    [2].ini baru dua client, kalau nanti dapat 10 client mungkin akan lebih sulit lagi connect nya. Padahal masing2 client dpt signal 35 s/d 51 dB.

    [3].Jika menggunakan (router ?) apakah bisa mengatasi hal tsb? Ada saran (merk & tipe)?

    [4].kalau boleh minta contac person. bisa kirim lewat o816687516@yahoo.co.id

    [5].terimakasih

  • Novita Christanti says:

    mas kl cara setting bluelink bl-r30g gmn yach mas tolong pencerahannya sy pake antena kenbotong 2.4 ghz tolong dunk diksh cara2nya makasih mas

  • budhy says:

    mas minta tolong penjelasan cara memasang Tp link wa601g, permasalahannya kabel internet yg di CPU colokannya cuma 1 sudah buat speedy, apa saya hrs belikan switz untuk membuat cabang pd kabel speedy agar saluran menjadi 2 yaitu 1 buat CPU dan 1 lagi buat Tp Link, untuk cara setting kayaknya sudah paham setelah saya baca2, cuma yang saya bingung kabel tp link di colokan kemana? jk di colokan ke CPU cuma 1 buat speedy. atas jawabanya kami ucapkan banyak terima kasih..

    • awik1212 says:

      belikan saja LAN card lagi.
      kemudian gunakan software winroute (bila OS anda windows)

      lalu begini arsitekturnya

      speedy –> lancard 1 –> software (winroute) –> keluar ke lancard 2 —> masuk ke TPlink.

      semoga membantu..

  • roelly says:

    mas saya mau tanya, ini mengenai wifi, dimana dirumah saya menggunakan speedy dg modem adsl tp-link td8817, kalau dari modem langsung ke komputer berjalan baik-baik saja. Nah kemudian saya mau pasang wifi dengan menggunakan lynksys wrt54D alat ini sudah saya set dan saya coba dikantor dan berhasil dg setting ip dhcp. Tapi begitu saya colokin dirumah kok connectionnya local only ya …. apa ada pengaturan khusus … ? thank u ya mas atas jawabannya…kalo bisa via email ya mas .
    salam roelly

  • dika says:

    Salam mas Awiek yang cakep……..
    langsung aja…Saya baru aja bisa dapet koneksi hotspot menggunakan tp-link tl-wa601g dengan mode client.rencana mau saya pancarkan ulang dengan yg satunya lagi dengan mode Ap, itu bisa ga mas?sudah saya coba pake mode reapeter bisa tapi nama SSID-nya masih sama dengan hotspot asal, maksudnya biar temen2 dan tetanggaku bisa konek dengan SSID yang saya buat(tentunya lain dengan hotspot asal). mohon penjelasannya dan cara setingnya.terimakasih.

  • tanjaya oday says:

    Lam knal y mas,
    saya mo tanya n mas, saya punya senao engenius eoc 2610 dan saya seting sbg client bridge, ud bisa site survey dan ada skitar 15 ap, bisa di liat detailnya disini ttp://www.indowebster.com/senao_engenius_eoc_2610_.html
    terus yang kurang apa y masss..????
    biar bisa connect k internet.
    mohon yg lengkap jawabannya y mass..
    Thank Uu..

    • awik1212 says:

      untuk signal senao memang tidak menggunakan ukuran signal yang sama seperti tplink, yang di ukur tidak menggunakan tanda min (-)

      kemudian yang patut menjadi catatan, hotspot/AP yang anda tuju, ditentukan lebih dulu. ketika menjumpai signal dalam site survey yang menginformasikan terdapat WEP. berarti anda harus mengetahui kuncinya/password/code security yang diberikan oleh pemancar tersebut

      apabila koneksi berbayar, anda tinggal menanyakan kepada pemilik signal tersebut bagaimana untuk bisa terdaftar sebagai pelanggan.

      apabila koneksi gratisan, anda tinggal menayakan kepada pemilik signal, karena bisa jadi koneksinya membutuhkan ip tertentu yang harus dimasukan kedalam LAN setting anda.

      semoga bisa membantu.

      • tanjaya oday says:

        sblm nya makasih y mas ud mo jawab prtanyaan saya yg di atas, tp saya ad masalah lg ni mass… wireless senao engenius eoc 2610 punya saya Q, klo di Ip config, g ke detect yach.. apa gara wireless saya support bwt AP, oia chipset wireless saya atheros 2316.. mhon pencerahannya mas.. trims..s.s.

      • awik1212 says:

        :awik1212
        coba di cek ip nya sudah satu host belum

  • dika says:

    lama menunggu jawaban dengan bekerja keras akhirnya berhasil juga, sekarang bisa menikmati hotspot dengan tp-link wa601g + antena gridd tp-link dapet sinyal 29db, dipancarkan ulang dengan mode point-to-point dan hasilnya…………….tetetete…..t…..rumahku dan sekitarnya bertebaran sinyal hotspot dengan ssid yang menarik…………makasih atas inspirasinya dari mas awik dan pencerahan dari temen2 semua……..
    ………..HAPPY NEW YEAR…………..
    Tahun Baru, Hotspot Baru & Sukses selalu…..Salam…

  • madani says:

    mas awik, tolong dengan sangat saya sudah beli senao 2610+antena grid kenapa saya tidak bisa konek ke hotspot dekat rumah,sedang site surveynya terdetec dengan -63 dbm noise level -92? yang dipilih client bridge ato client router? trus set ipnya bagaimana?, kalau pake laptop saya langsung konek ke AP tersebut, kalau bisa tutorial lengkapnya dengan set ip komputernya, terima kasih atas jawabanya. mohon dengan sangat di Makassar tehnisi minta Rp.1.5 juta untuk setkan.

    • awik1212 says:

      pilih saja client bride-nya. cb itu sebagai mode client nya..

      mungkin mereka menggunakan sistem filtering, jadi AP senao memiliki identitas dengan nama MAC. jika pemilik hotspot itu menggunakan MAC filtering, bisa jadi bila anda sudah mensetting alat dengan benar, namun ketika MAC anda sedang di kunci, atau tidak di izinkan ber-asosiasi maka anda tidak akan bisa konek hingga mac filtering itu dilepaskan.

      terimakasih.

      sebenarnya tidak ada pembedaan setting bila menggunakan AP atau wireless bawaan laptop, karena sebenarnya teori AP adalah berfungsi sama dengan kemampuan wireless laptop. hanya saja AP dalam bentuk dimensi yang besar, untuk kemampuan yang besar/jauh juga

      • hendiyanto says:

        mas awik tolong dong gimana cara nyeting engenius biar bisa untuk nerima ama mancarin minta tolong banget aku dah beli engenius 2610 tapi belum bisa kerja ajarin langkah langkahnya aku dah masuk sampe seting tapi bingung mau pilih yang mana AP/Claen Bridge apa claen tolong ya mas nyampe selesai sebelumnya makasih banget

  • Hadi says:

    Salam kenal Mas Awik….
    saya mau ikutan ama yang lain nih, nanya sesuatu yang berhubungan dengan pemasangan AP TP-LINK TL-WA601G yang jangkauan 108 Meter.

    Saya ingin setting akses point tp link dari modem speedy untuk hostpotan dengan security.
    1.Menu ama saja yang harus saya rubah/isi dalam kolom2 yang tertera dalam menu pilihan.
    2.Pada pengisian IP address apakah DNS tidak perlu diisi?.
    3.Pada basic setting apa aja yang dirubah?
    4.Untuk pengisian SSID dan MAC boleh bebas gak?

    Terima Kasih atas penjelasannya.

    • awik1212 says:

      1. pada basic setting. pilih mode Access point
      pilih pada menu security ambil saja WEP. dengan 128bit, di isikan dengan permainan 10 angka.
      misal 1234567890

      2. untuk itu silahkan gunakan winroute (bila os anda windows) jadi anda mengatur IP dari komputer, kemudian fungsi AP tplink hanya murni memancarkan signal

      jadi begini kurang lebih arsitekturnya.

      speedy –> lancard 1 –> software (winroute) –> keluar ke lancard 2 —> masuk ke TPlink.

      3. hanya mode Accesspoint saja

      4.SSID silahkan bebas saja, tapi MAC itu sudah default alatnya.

      terimakasih.

  • rifat says:

    Salam kenal mas,
    Saya mo kasih gangguan dikit boleh yah mas yah,
    Begini mas, saya kemarin pasang TPlink-601G yang saya fungsikan sebagai repeater dari AP saya senao eoc2610, setingannya :
    -Universal repeater
    -IP isolation enable
    -DHCP client disable

    Yang mau saya tanyakan, mengapa clien saya yg dekat dengan repeter TPlink tsb memakai MAC ID dari pesawat TPlink tsb?? bukan MAC ID dari perngkat laptop mereka?? apa memeng begitu kalo pake sistem repeter atau saya yang ada salah seting di TPlink nya??
    Begitu aja pertanyaan saya, dan trimakasih atas kerepotannya.. :)

    • awik1212 says:

      salam kenal juga,

      memang begitu mas sistem repeater selama ini.

      karena sistem multitier nya, jadi anda bisa mengetahui MAC yang terbaca oleh pesawat pertama tidak termasuk mendeteksi MAC2 yang terdapat dibawahnya(konek dengan pesawat pertama).

      laptop –> AP –> router anda

      router anda akan membaca MAC AP saja, karena bila anda ingin membaca mac laptop2 yang ada, anda perlu mengkondisikan anda sebagai AP. bukan sebagai router. jadi anda perlu meremote untuk mengetahui mac2 apa saja yang terdaftar.

      terimakasih semoga membantu

      • rifat says:

        Trims jawabannya kemarin, skrg mo tanya lag mas.
        Saya renc monambah lg repeater ke 2,3 dan 4
        yang mau saya tanyakan:
        – dengan menambah banyak repeater ap akan mengurangi kualitas sinyal AP saya dan kalo iya seberapa banyak?
        – repeater ke3 dan 4 jaraknya 800 meteran apa kuat kalo hanya pakai TP601g atau musti tp5110g yang lebih powerfull mas
        – seting repeter ke 2,3,4 apa musti dibedain IP address nya?

        trims jawabannya n kerepotannya :)

      • awik1212 says:

        untuk pengurangan signal mungkin lebih ke teori signal interference, jadi signal menjadi crowded.

        dicoba saja mas, asal mencukupi batas minimal yaitu 30db.

        bedakan saja ip di settingan networknya, fungsinya itu cuma untuk memindai, bila repeater sudah berjalan atau belum..
        ketik cmd, ping ip-address

        sama2. senang bisa membantu

  • Nasyeh says:

    salam buat mas awiek n salam kenal
    saya baru pertama kali megang yang namanya ap TL-wa5110G dan mau tambahin pakek antena grid 24Ghz-24Dbi….
    pertanyaan saya…. AP saya 2bji dan grid 2 bji. yang bagus di setting AP semua, ato AP dan repeater dengan 2 antena grid dalam satu penyanggah tuk mendapatkan pancaran yang lebih bagus dan jauh tolong pencerahannya. suwun sanget masss kulo tenggo

    • awik1212 says:

      maaf sudah menunggu lama
      salam kenal juga

      2 AP tersebut akan anda kondisikan sebagai apa?
      saya belum melihat kasus anda, maksudnya keinginan anda untuk menggunakan AP tersebut untuk apa..

      anda sebagai client, atau anda sebagai pemilik signal?

  • jasmanto says:

    mas numpang tanya, saya baru beli AP tp link, dan dirumah saya ada laptop dan computer, klo AP distel unsecury laptop n computer dapat terima signalnya & bisa diakses dgn normal, tetapi klo distel security (WEP)hanya laptop aja yang bisa akses, komputer malah gak dapat signal sama sekali..kenapa begitu ya mas.. mohon pencerahannye.. thanks..

    • awik1212 says:

      coba masuk kedalam network connection-> Local area connection -> klik kanan properties -> menu authentication -> pilih let windows setting blabla itu di centang.

      kemudian hapus semua SSID yang terdetek dalam cache.

      ada kemungkinan, komputer anda menganggap AP itu tidak menggunakan WEP. jadi dalam memori terdetek AP yang tidak menggunakan WEP saja.

      solusi, ketika cache sudah anda hapus, ada kemungkinan komputer baru bisa mendeteksi AP yang sudah anda ubah (ditambah WEP).

      selama cache belum terhapus, komputer akan terus mendetek AP yang sebelumnya saja. ketika AP sudah anda perbarui dengan menggunakan WEP. ada semacam sistem crash, disana letak bug wireless selama ini

      solusi 2, anda mengganti nama SSID AP anda.

  • Hasan Hamid says:

    saya dah coba masuk tapi kok gak bisa ya pak? saya mau setting ap punya kantor saya.. saya panggil 192.168.1.1 kayanya bukan alamat AP tersebut, bagaimana jika kita mau mengetahui AP alat kita ini, karena bos saya, saya tanya juga gak tau karena di settingkan dengan orang speedynya? klo saya otomatiskan IP saya trus saya koneksikan via kabel saya mendapati IP saya 169.xx.xx.xx yaitu IP default dari windows, apakah ada cara biar kita tau alamat device AP kita pak?> thanks.. kebetulan jenisnya sama dengan punya bapak TPlink..

    • awik1212 says:

      coba direset dulu, ada kemungkinan terjadi ip conflict.

      reset dengan cara menekan tombol dibelakang dalam kondisi AP mati. selama penekanan tombol reset itu anda masukan Adapter listriknya. setelah 10 detik, baru anda lepas tekanan pada tombol reset. kemudian AP sudah ter reset.

      langkah ke 2, sebelum anda men associate kan AP anda kepada pemancar, ada baiknya ip default AP anda, anda rubah dulu kepada IP yang lain. misal 192.168.17.1 setelah itu baru anda konek kan kepada signal yang anda mau.

      untuk merubahnya, masuk ke menu network. disana ip tplink bisa anda ubah..

      terimakasih.

  • Nasyeh says:

    lanjut mas awik aq sebagai pemilik signal dan aq ambil entena grid 2 tuk bisa rotasi signal 360 derajat tuk memudahkan client.
    bisakah barat selatan timur utara aq kasih pancaran ulang dengan jarak 2-4km dari ap dan bisakah maksimal serta alat apa yang di perlukan dengan jarak segitu biar 1 kecamatanku penuh dengan signalku tan clien nambah antena outdoor. makasih mas aq tunggu pencerahanya.

    • awik1212 says:

      untuk memancarkan signal coba jangan dengan grid, coba dengan antenna omni, kalau omni pancarannya memang 1 antenna untuk 360derajat. kemampuan bisa sampai 4km dengan keadaan lalulintas tidak begitu padat.
      semisal ingin lebih jauh, coba dengan antenna sekotral, tapi harus beli 3 biji, dan 3 accesspoint karena derajat pancarnya cuma 120derajat.

      terimakasih

  • agus says:

    salam kenal

    langsung saja nih ke pertanyaan,,, saya lagi mau pasang ap di sekolah ,, yg posisi nya di tiga lokasi gedung untuk saling koneksi data dan internet ,Yang jaraknya hanya sekitar 700 meteran,, yang saya rencanakan dengan system WDS ,,??? apakah ketiga bisa terkoneksi ,dengan saya masukan enkripsi wep ,channel yg sama , mac address masing -masing ? [ dengan radio ap senao 2610 tanpa antena tambahan ],,,tolong pencerahan mas awik

    terima kasih
    salam

    Agus

    • awik1212 says:

      WDS adalah teknik dari repeater.

      Teknologinya disebut dengan WDS = Wireless Distribution System, di mana ada 1 WiFi Access Point yang utama dan WiFi Access Point lainnya sebagai repeater/relay.

      1. Syarat pertamanya adalah: baik Access Point yang pertama maupun Access point repeater HARUS memiliki/mendukung fitur WDS. Pastikan dulu ttg hal ini!!!
      2. Syarat kedua yang harus diperhatikan adalah: Authentication access point yang didukung dalam WDS hanyalah WEP 64/128 bit.
      Dan semua Access Point yang terlibat dalam 1 koneksi harus menggunakan konfigurasi WEP yang sama persis.
      3. Channel yang digunakan harus sama. Misal: Channel 3
      4. Pastikan MAC Address repeater sudah diijinkan untuk konek pada Access Point utama.

      terimakasih.

  • qiu-qiu says:

    Mohon bantuan pencerahan Mas Awik.

    Saya baru bikin percobaan hotspot sharing Speedy dgn skema: Modem >> AP >> Client.

    Peralatan yg dipakai Modem ADSL Huawei SmartAX MT882a, AP memakai WA601G, dan 2 client memakai WA601G dan WN321G.

    Dlm percobaan masing2 client sdh berhasil connect internat. Tetapi ada masalah yaitu kedua client tidak bisa connect inernet secara bersama-sama.
    Jadi apabila client WA601G sdh connect maka WN321G yg berusaha masuk belakangan tdk bisa connect ke inernet (walaupun berulang kali re-dial), begitu pula sebaliknya WN321G connect WA601G tdk bisa nyambung.

    AP saat ini saya seting open public, sebelumnya dgn MAC filtering (juga tdk bisa connect bersamaan).
    Posisi AP dgn ke 2 client dalam satu ruangan, so…. soal signal dijamin masih 99% (masih memenuhi persyaratan minimal??).

    Begitu Mas Awik problem saya, mohon bantuannya.
    Maturnuwun sebelumnya.

    • awik1212 says:

      coba untuk arsitekturnya di tambahin fitur routing nya..

      sebaiknya begini

      =speedy===>router===>AP====>Client

      coba untuk sekala mudah, download saja software dengan nama winroute, apabila ingin lebih simple, coba beli hardware Router. sebelumnya minta bantuan untuk menggunakan hardware tersebut,

      kalau untuk winroute, sudah banyak web2 yang mengulas cara2 menggunakannya..

      terimakasih.

  • Arwan says:

    Salam mas Awik…

    Saya punya High Power Access Point Wi-Fi TP-Link TL-WA5110G, rencana saya akan pasang di kampus (Unhas). Saya ingin menghubungkan koneksi melalui switch, namun IP sdh di jatah oleh unhas 10.0.31.60 sampai dengan 10.0.31.80. Berikut contoh salah satu local areanya :
    IP address : 10.0.31.67
    Subnet mask : 255.255.255.0
    Default gateway : 10.0.31.1
    Preferred DNS server : 10.0.1.5
    Saya bingung nih mas settingannya jika menggunakan jaringan LAN. Yg saya harapkan saya dapat memancarkan wifi di skitar lokasi.
    Maaf saya kurang paham dengan jaringan, smoga mas awik mengerti maksud saya…

    • awik1212 says:

      mungkin maksud anda, anda ingin membaginya untuk masing2 komputer yang terhubung dengan switch?

      mudah saja,
      dari AP===>masukan ke Router, colokan WAN ===> nanti di sistem router itu, masukan salah satu IP yang tersedia => switch => komputer2 yang anda inginkan

      karena setelah dari router, router akan mengenerate ip lagi yang berbeda dengan ip wan (ip yang disedikan oleh fakultas anda).

      ada beberapa produk tplink router dengan harga tidak jauh berbeda dengan harga access point nya..

      terimakasih.

  • Nasyeh says:

    lanjut lagi mas ini wis terlanjur basah mas pusing. mslahnya antena udah naik 30 meter kira2 kalau aq ganti antena sektoral sampek berapa km jangkauan pakek wifi laptop dan kira2 ama antena omni bagusan mana???? trus untuk repeater pakek antena omni apa grid mas. makasih

    • awik1212 says:

      kalau untuk laptop, sebaiknya antenna tidak terlalu tinggi, karena nanti juga percuma.. kemungkinan laptop tidak bisa menerima signal dengan baik. karena laptop pasti bisa receive data. namun untuk sent data, saya kira laptop akan kesulitan, mengingat kemampuan sent/receive wireless laptop beda dengan kemampuan access point (dalam kasus jarak)

      jadi sama bagusnya, cuman peletakkannya aja yang perlu disesuaikan. ingin mentargetkan user ber-access point, atau hanya ber-wireless laptopan.

      kalau untuk repeater, secara fungsional adalah memantulkan signal.

      saya beri ilustrasi

      A adalah pusat signal, dan B adalah repeaternya, dan –> <— adalah pancarannya.

      itu terserah anda mau seperti apa

      kalau dengan grid kurang lebih pancaranya seperti ini

      AB

      kalau dengan omni

      A

  • Nasyeh says:

    nambah lagi mas kalau sektoral 3bji dalam satu penyanggah 30 m harus pakek 5110g 3 biji dong mas?? trus 5110g itu di jadikan ap semua apa gimana?? tolong pencerahanya. makasih

  • Arwan says:

    Oh bukan bgitu mksud saya mas…
    jadi jalurnya seperti ini : dari router ==> switch ==> AP. Nah Kmarin saya sdh coba setting dgn mode AP Router, dgn IP sperti yg sya mksd. dan SSID pda mode AP saya rubah dengan SOSEK, regional indonesia, channel 11. Pada saat saya coba melalui laptop, hsilnya bagus, tapi pada laptop yg lain saya coba ternyata tdk bisa. Jdi hanya 1 laptop saja yg bisa mengakses. Kira2 kesalahan settinganx dmn ya mas? Dan apa bedanya mode AP Client router dgn AP router?

    • awik1212 says:

      AP Router secara praktikal memiliki fungsi ganda, jadi setelah dia menerima signal, lalu secara langsung koneksi yang didapatkan langsung di routing.

      bebeda dengan AP Client, ketika telah menerima signal, dia berfungsi sebagai bridge.

      biasanya fitur AP router untuk membagi secara otonom dan otomatis sebuah signal yang didapat.

      fitur AP client, untuk menerima signal saja, tidak melalui proses routing otonom.

  • triadi says:

    salam kenal mas awik, maap baru nyoba jaringan nih, saya baru beli tplink WA601G, bagaimana kalo langsung disambungkan dengan modem speddy dirumah, sebelumnya hanya internetan pake kabel mau coba apakah bisa jadi pemancar wifi? settingnya seperti apa? mohon penjelasannya, terima kasih.

  • Yudha says:

    ass…

    saya punya TP-LINK TLWA601,dan saya ingin bikin pemancar,lalu bagaimana mas cara mensettingnya ?
    terima kasih …

  • Yudha says:

    salam pak awik …

    saya punya TP-LINK TLWA601 dan saya ingin bikin pemancar,lalu bagaimana pak cara setting TP-LINK TLWA601 untuk jadi pemancar ?
    terima kasih ..

    • awik1212 says:

      jadi topologinya modem adsl —> tp-link

      tp-link menjadi pemancar kan? mudah saja, lakukan cara diatas, namun pada menu wireless, pilih saja access point, dan berikan nama access point sesukanya untuk membroadcast ssid

      lalu untuk security,
      tinggal terapkan WEP pada menu security
      sesudah itu reboot.

      selesai..

  • muchiep says:

    saya mau tanya dalam penyetingan client saya bingung karena saat sudah mengeklik conect tp ga ada kotak reboot yang harus dicentang mas gimana ya ?

  • Yudha says:

    menurut mas awik kecepatan internet 128 kbps,dishare ke2 komputer bagaimana ..?

  • Nasyeh says:

    mas awik sblmnya minta maaf saya nimbrung lgi takut bertinak sblm saya punya landasan takut salah lagi krna biaya udah keluar banyak.

    A. target saya klau di sekitar ap 2-3km adalah lapatop dan comp desktop tanpa antena outdor kalau jauh saya bangun repeater tuk memudahkan client trus yang pas dalam kasus ini saya ambil antena yang mana mas tuk apnya.????

    B. mas repeater apa bisa di tangkap lgi dengan repater mas.?????

    C. mas tuk menbagi bandwith ke clien saya harus beli hardware apa atau software apa trus efesien mana hardware pa software sekalian kunci tuk client yang gak daftar?????

    D trus client yang masuk signal repeater apa bisa di kontrol bandwitnya.???

    E saya pingin kunci clien dengan dengan MAC adrres mas pa bisa trus pakek haardware to software pa???? krena skrg client yang masuk di signal repeter saya kunci di ap gak bisa harus lewat repeater jdi ribet mas.

    • awik1212 says:

      oke,

      A. hm.. lebih enak kalau anda menggunakan radio client saja, dipasang di lokasi pelanggan. tidak perlu di repeat kan. lalu dari radio client itu baru anda bagi menggunakan kabel. dan yang paling jauh dari lokasi radio client tersebut anda bisa membuat access point lagi namun dengan peralatan biasa. karena kalau saya pikir lebih efektif begitu. menurut saya lho.

      B. untuk itu saya belum pernah coba

      C. kalau itu, gunakan saja mirktoik. anda bisa menggunakan bandwidth queue saja.
      link utama —> mikrotik —> antenna pemancar —> antenna penerima —> client

      D. bisa

      E. hm.. coba anda menggunakan sistem radius server jadi user / client memiliki user-password nya. hanya yang sesuai dengan data yang sudah di buat saja yang bisa masuk ke sistem jaringan internet anda.

      terimakasih.

  • Deni says:

    Selamat siang pak awi. Saya menggunakan internet dengan menggunakan modem tplink td-w8901g, tapi sinyal kurang kurang kuat untuk di lantai 2. Oleh teman saya disarankan untuk membeli repeater merek tplink-wa601.Alat tersebut saya pasang di lantai 2, Tapi pada kenyataanya sinyal untuk laptop saya masih saja low sinyal. Untuk setting wa601a saya set repater.
    Yang saya tanyakan :
    1. Bagaimana cara setting yang benar untuk memperkuat sinyal laptop tersebut.
    2. Apa benar tplink wa601a fungsi sebenarnya untuk repater atau universal repeater?
    terima kasih.

    • awik1212 says:

      1. untuk penyetingan repeater, pada saat site survey, diharapkan signal tidak kurang dari 30db. agar repeater berfungsi secara maksimal. karena sesuai pengalaman saya dilapangan, apabila signal tidak sampai 30db. repeater tersebut tidak berfungsi, dan saya masih menuju ke pemancar utama, bukan pemancar dari repeater tersebut/

      2. benar.

      sama-sama.

  • Deni says:

    Pagi mas awi, yang anda maksud sinyal 30db itu dari mana ya, kalau dari lantai 2 ke lantai 1 tempat dimana modem adsl tplink saya terpasang dan wa601g di lantai 2 jelas tidak ada 30db. kalau pas posisi sama2 di lantai 1 bisa full mas.
    pertanyaan :
    1. apa benar pemasangan u repeater menggunakan tplink wa601g tanpa mencolokkan kabel utp, jadi dia memakai werellesnya sendiri(wa601g)? apa perlu kabel yang dari hub perlu dikonekkan ke wa601nya? Katanya teman itu tidak perlu dicolokkan, karena settingan sudah diset repeater.
    terima kasih mas awik atas petunjuknya kemarin.
    dan jika ada model settingan yang nantinya lebih siip, mohon di email atau via layanan ini.
    terima kasih mas….

    • awik1212 says:

      nah, itu permasalahannya. repeater akan bekerja bila signal sudah memenuhi 30 db.

      mencoba menjawab pertanyaan :
      1. benar, hanya menggunakan wireless nya sendiri.
      kalau menggunakan kabel itu tidak perlu..
      kecuali anda mengggunakan topologi menyamai repeater. istilahnya repeater jadi2an..

      jadi dari lantai 1 (modem) ditarik kabel ke switch, lalu dari switch masuk ke AP pertama (lantai 1) lalu ditarik juga ke lantai 2 kemudian dipancarkan di tplink yang niatnya mau dijadikan repeater skg itu

  • hastungkara says:

    Hallo mas awi ,

    nama saya kara , mau tanya dalam penyetingan konfigurasi jaringan ,
    pada kasus kali ini ada 2 buah PC dan 2 Buah AP {TP-Link} , cara penyetingan menggunakan media wireless lan untuk hotspot
    1. Bagaimana settingan IP maupun Access Point/AP sebagai server , dan Settingan AP sebagai Client ..
    2. Bagaiman cara koneksikan jika SSID tidak di publiskan ..
    3. bagaimana cara sharing perangkat keras , data pada topologi tersebut ..

    mohon bimbingannya mas Awi agar saya dapat pencerahan dalam mengerjakan tugas sekolah ..

    • awik1212 says:

      pertanyaan yang agak sulit nih.. haha..
      sulit, karena saya kurang paham juga dengan maksud pertanyaaannya..
      agak oot juga. Out Of Topic
      namun saya coba menjawab, nanti kalau kurang sesuai coba di jelaskan lagi pertanyaannya.

      1. satu PC+AP sebagai server, dan satu PC+AP sebagai client? begitu ya?
      untuk IP tidak ada yang perlu di permasalahkan.
      ada yang namanya IP untuk PC dan IP untuk Radio
      IP PC anda setting, lalu IP AP(pemancar) anda buat untuk hanya sekedar memantau AP itu menyala atau tidak, misal 192.168.1.254 lalu pada tplink anda setting untuk membroadcast IP DHCP, jadi memudahkan untuk sisi client karena PC client tidak akan perlu setting IP lagi. namun yang menjadi catatan, pada AP (client) anda juga buat ip range yang sama dengan AP (pemancar) misal 192.168.1.253.
      selesai

      2. untuk itu coba cari menu hidden.

      3. untuk sharing perangkat keras anda coba membeli router saja. jadi begini topologinya.
      APserver—-APclient—PCrouter/router–sharing

      semoga membantu, maaf agak telat, kemaren saya kesurabaya

  • Yudha says:

    salam mas awik ..

    saya punya ap tl-wa601g.saya bikin hotspot dengan AP itu,yang saya bingungkan,bagaimana mas cara kasih password hotspot saya ini ?agar orang lain yang tidak membayar,tidak bisa internetan .?

    terima kasih ..

    • awik1212 says:

      kalau untuk itu, coba bagian security, anda isikan dengan kombinasi seperti ini

      WEP, 128-bit, lalu isi dengan 10 digit. dan ketika ada yang mau konek, mereka harus mengisi angka 10 digit sesuai dengan angka yang anda buat.

  • Yudha says:

    salam mas awik ..

    saya punya AP TL-WA601G dan AP tersebut saya pergunakan sebagai pemancar hotspot.yang ingin saya pertanyakan,bagaimana cara password hotspot saya ini,?agar orang luar tidak dapat mengakses..?
    mohon bantuannya ..

    terima kasih ..

  • tanjaya oday says:

    masss awik mo tanya dunk…
    wlan saya ud bisa reply ke jaringan, cm knp jg Q g bisa konek k internet y’,mslh nya d Dns pa dmnnya y?
    tlg dun mass…

    • awik1212 says:

      yang perlu diperhatikan konek itu ada yang sent doang, atau receive doang. ada istilah “cuman konek” namun bila kedua sent/receive itu berjalan. berarti ada masalah pada IP, dan DNS. coba dicek ulang saja.

  • Nasyeh says:

    mas awik met malem?
    *****mas dalam satu penyanggah ada 3 ap dengan 3 antena sektoral trus mas awik bilang di jadikan ap semua

    pertanyaan saya
    a. apa bedanya dan pengaruhya dalam satu penyanggah 3 ap 5110g di jadikan ap semua dengan satu penyanggah 3 ap dijadikan 2 repeater 1 ap mohon di jelaskan mas awik. trimakasih

    b. saya punya 12 repeater blm saya on kan yang jaraknya 1-5km dari ap trus apa ap itu kira2 mampu?? dan kalau mampu apa pengaruhi akses kecepatan??

    makasih mas awik**************

    • awik1212 says:

      yup..
      bener..

      saya coba jawab ya.
      a. tidak ada masalah sebenarnya untuk fungsi mau dijadikan AP atau repeater, bila semua pada satu penyanggah. namun lebih enak dijadikan AP mengingat lebih mudah memantaunya, karena terkadang untuk beberapa Access point, pada saat dijadikan repeater, colokan LAN tidak berfungsi, dan ketika kehilangan signal, anda akan kesusahan untuk memantau alat tersebut. memang bila dijadikan AP semua, agak boros di kabel
      kenapa anda tidak mencoba mikrotik, ada produk mikrotik yang output antennanya sampai 3. jadi 1 AP namun 3 output colokan antenna..

      b. waduh, LUAR BIASA.. repeaternya banyak sekali. seperti pada bahasan point a. tidak ada yang berbeda ketika semua berfungsi secara optimal. namun terletak pada kesulitan saat memantaunya. apabila ada satu repeater yang tidak terkonek karena mungkin faktor interference maka anda akan kesulitan untuk mengetahui alat mana yang sedang tidak berfungsi atau nge-hang.

      sama-sama senang bisa membantu

  • Nasyeh says:

    met malem mas awik…

    saya merespon jawaban anda
    A. waduh mas awik kenapa saman gak bilang ada alat mikrotik 1 AP 3 colokan antena dari kemarin waktu sampean memberikan solusi antena sektoral tpi gak apa2 inilah namanya cari pengalaman.

    B bener mas awik tadi baru hidupkan 4 ada satu yang gak dapat signal dari ap malah wifi gak detech.

    **********mas tolong kasih solusi saya untuk fit dan efesien dalam rencana dan kasus saya ini krna client yang daftar lumayan. saya pakek paket speedy per jaringan 3mbps x 3 jaringan.

    pertanyaan saya
    a. mas awik mikrotik 1 ap 3 colokan antena itu seri berapa aja??? mungkin harga sekisaran berapa???

    b beda gak antara AP tp link 5110g dengan ap mikrotik yang saman solusikan??? kalau ada apa perbedaannya???

    c. bisakah AP mikrotik itu di gandeng tp link 5110g tuk repeater 12 banyaknya???

    d. sampek malam ini ada satu repeter yang awalnya bisa signal dapet, namun setelah sekisaran 5 jam kok tiba2 sangat luueeemah sekali tu signal kira2 lari kemana ya mas awik???

    e. dengan mikrotik itu apa saya juga beli routerboard tuk ngatur bandwith serta filter mac adrees?????

    *******sblume minta maaf saya ngepotin mas awik****
    *****trimaksih atas semua shodaqoh informasinya****

    • awik1212 says:

      a. coba cari di mikrotik.co.id

      b. beda banget,

      c. bisa kalau itu mas, universal koq kalau cuman masalah signal. asal channelnya sama aja.

      d. mungkin interference, karena padatnya signal yang ada.

      e. YUP. benar sekali. semoga semakin mantab usahanya.. amin

  • CHRISSANT says:

    berapa ukuran meter maksimalkabel untuk tp link TL-WA601G agar dapat di gunakan sebagai client”””””????
    dan berapa ketingian maksimal/minimal peletakan tp link dapat di gunakan dengan sempurna “””””????
    soala nya saya pakai kabel dengan ukuran 20 meter lebih ngak bisa meng akses tp link nya dan kalau saya pakai kabel 6 meter itu bisa tapi sinyal nya cuman 20 db dan untuk masuk ke jaringan internet ngak bisa “””””?????mohon bantuan nya mas “”””””””????

  • CHRISSANT says:

    tambahen mas >>padahal hot spot nya jarak nya cuman sekitar 750 meter “””””tolong solusi mengatasinya mas “”””””””terimakasih sebelum dan sesudah nya “””””””””

  • Elo says:

    Mas awik kalau antena GRIDE merk TPlink dan AP merk TP-link WA-5110G.

    Untuk keduanya menggunakan perangkat yang sama apakah bisa tembus hingga 15 KM.
    Masing-masing dengan ketinggian antara 13 M.

    Dan juga AP TP-Link WA5110G bisa untuk mode repeater ndak ya…?

    Trims

    • awik1212 says:

      kalau sampe 15km rasanya tidak mungkin, tapi yang namanya wireless itu kadang2 aneh mas, saya sendiri kadang bingung juga untuk masalah jarak. tapi secara teori, kayaknya ga bisa deh. coba pake produk ubnt atau mikrotik saja.

  • hendiyanto says:

    siang mas awik tolong dong bagaimana cara menyeting engenius 2610 sbagai penerima dan pemancar berikan langkah-langkahnya ampe selesai biar kucoba makasih banyak sebelumnya

  • suyetno says:

    met pagi mas,
    mohon bantuannya mas, apq kok g mau masuk2 ke halaman utama? padahal ip dan submaskx dah tak atur.
    apa apQ yg rusak? padahal udah tak reset, lampu power dan lan nyala tapi lampu system dan wlan-nya kedip2
    gimana cara masuknya mas?
    tolong bantuannya,

  • rhey says:

    mas,mau nanya nih!saya pake TP LInk Wa5110g!pada saat survei AP saya bisa ngedeteck hotspot namun pada saat saya save sinyal tidak ada,apa mungkin AP yg saya tembak itu menggunakan mac address filtering?hotspot tersebut diprotek firewall server??kalo gitu gmana caranya ya biar saya bisa konek atau dapat sinyal hotspot tersebut!saya udah nyoba menggunakan netstumbler n wifi radar tapi software itu gak suport buat ethernet card saya!ditunggu jawabannya mas

    • awik1212 says:

      kalau itu masalahnya bukan di filter, tapi SSID (signal) mereka umpetin/hidden. kalau netstumbler emang spesialis ndetek ssid yang di hidden. nah, coba dalam setting clien, anda tidak perlu survey, tapi dalam kolom isian dibawah client mode persis, langsung anda ketik SSID nya.. selamat mencoba

  • aris says:

    MAS MAU TANYA,BAGAIMANA CARA BUKA IP RADIO YANG TERLANJUR DI SETTING DHCP,SOALE MAU RESET HARUS,NURUNKE ANTENA MALES SULIT BANGET,MAKASIH.

  • dwi says:

    wow… aku pake WA501G pye???

  • ARIF FATONI says:

    hallo mas….saya mo tanya
    saya mo buat hotspot dirumah saya udah punya modem TP-LINK TD 8817 dan Acces point TLWA601G.bagaiamana tahap pemasangannya ya mas, dan berikut settingannya, saya udah coba tapi gagal trus, yang membuat saya bingung pada tahap masuk ke web browsernya pasti gagal karenakan belum conect ya mas.. itu gimana mas,dan cd untuk acces poin hanya ada user guidenya aja ga ada setupnya..mohon bantuannya mas makasihhhh…..

  • padel says:

    apa merek modem ato akses point yg bagus

  • lewi says:

    gmn cara ngubah mode DHCP ke static IP????

  • haris says:

    mau tanya nih!!!!
    klo TP-Link TL-WR5543G sama setinganya kayak yg di atas

  • haris says:

    mau tanya nih!!!!
    klo TP-Link TL-WR5543G sama setinganya kayak yg di atas
    tolong bantuannya,saya tunggu di email saya.
    makasih

  • husain says:

    mohon bantuan,nya pak awik…..
    saya mempunyai warnet,trus saya punya dua line speedy,trus saya beli mikrotik yg telah jadi merek TP-LINK..(tl-r480t)…tapi saya tdk tau cara setting,nya…udah 2 hari di bikin pusing……tolong pencerahan,nya pak awik….soal,nya sudah puyeng banget……….
    makasih……….

  • Ass, Salam Kenal Mas Awik.
    Sy ada masalah dengan AP TP Link TL-WA601G. detailnya begini :

    Saya menggunakan Modem ADSL TP-Link TD-8817, dan itu sudah konek ke internet menggunakan PC dan tidak ada masalah apapun, yang jadi soal, saya akan membuat hot spot dengan menggunakan AP yang sy sebutkan tadi, saat mau saya setting di Web Address dengan mengetik 192.168.1.1 ternyata yang terdeteksi malahan modem sedangkan settingan untuk AP nya tidak ada, di komputer settingan IP nya sudah saya isi dengan IA 192.168.1.2 SM 255.255.255.0. mohon bantuannya… terima kasih mas Awik, smoga lebih sukses lagi…

  • frans says:

    tolongin ya…, sisi AP: tplink wa5110g dengan mode AP router
    IP LAN=192.168.10.1
    1p wan=192.168.1.2 karena IP modemx 192.168.1.1
    subM= 255.255.255.0
    G/W = 192.168.1.1
    DNS = 192.168.1.1
    GRId 24

    Client: tplink wa5110g
    IP LAN=192.168.100.1
    1p wan=192.168.10.2 karena IP modemx 192.168.1.1
    subM= 255.255.255.0
    G/W = 192.168.10.1
    DNS = 192.168.10.1
    GRId 24

    1. jarak 3 km penerimaan sinyal 49 dbi dan bisa koneksi
    2. jarak 5 km penerimaan sinyal 39 dbi tp tidak bisa koneksi

    chanell sudah sy gonta ganti…herannya channel client berubah2….mohon kira2 itu masalahx apa ya..??? trims

  • deni says:

    halo mas.sy mau nanya
    1.tl wa601g kalo fungsinya buat repeater apa mesti pk pc ato kita cuma colokin adaptor powersupply doang ?
    2.trus kalo fungsinya buat repeater apa bs di pegunakan buat client juga barengan gitu jd bisa dipk ngenet sambil ngerepeater

    trma ksh mas

  • zandra says:

    assalamualaikum pak.. perkenalkan nama saya zandra salah seorang mahasiswa pergurian tinggi yg ada di makaasar.. di makassar sangat banyak yg namanya hospot karna itu saya coba mencari cara internet gratis.. kemudain saya googling dan menemukan artikelnya sayapun tertarik untuk mencobanya kemudain saya membeli sebuah TPLink TL-WR941ND (berfungsi sebagai AP Router Mode, Bridge mode WDS (point-to-point / point to Multi-point)) dipenjelasannya begitu. karna daya tembak signal wifinya yg lumayan. nah tapi saya bingung giman cara settin untuk tembak hotspot tersebut menggunakan TPLink TL-WR941ND. saya mohon sekali bantuannya pak. klo bisa kirim ke alamat email saya. terima kasih banyak pak

  • zandra says:

    satu lagi pak gimana cara mengetahui mac address hotspot yg akan kita tembak

  • zandra says:

    Haaa pusing pak gak tau cara nembaknya Ap gimana. Pak saya mohon sekali bantuannya. soalnya TL-WR941N… tidak dapat nyecan AP. padahal mac address acces point sudah saya masukan dan tetap hasilnya nihil. klo bisa tolong gambarnya dilihat ya pak di alamat ini http://zandrakula.jw.lt/gambarku saya stres banget nih pak. saya sudah coba pencet tombol QSS nya tp tetap gak bisa. mangnya QSS tuh fungsinya apa pak.. mohon dgn sangat bantuannya

  • j4k4 says:

    mas, mau tanya…

    maaf saya pemula, bagaimana tplink wa601g ini bisa menangkap sinyal dari tplink lain kemudian memancarkan lg supaya bisa diakses oleh sebagai AP.
    makasih jawabannya

  • Firdaus says:

    saya mempnyai laptop dan saya memakai windows seven, kebetulan di sekitar rumah ada satu sinyal wifi yang bisa di tangkap oleh laptop aku, dan setelah saya coba conec ternyta muncul problem tapi oelh windows seven dapat di perbaiki secaara otomatis dan akhirnya saya bisa browsing. tapi sialnya sinyalny sering terputus sehingga browsing atau download sering terputus di tengah, bagaimana cara mengatasinya biar saya bisa berinternet dengan lancar tampa terputus-putus lagi.
    terima kasih

    • awik1212 says:

      @ haris :
      kayaknya wireless router ya?? beda mas…

      @ husain :
      permasalahannya mau diapakan pak? saya juga ikutan pusing baca nya..

      @ itang :
      walaikumsalam, salam kenal juga.
      anda perlu mengganti IP tplink di menu Network mas, karena IP Radio dengan IP modem jangan sampai sama kalau bisa.

      thanks atas doanya

      @frans :
      bisa jadi anda cek dulu masalah sent/receive nya.
      mungkin ada yang salah dengan antenna, terkadang saya juga tidak bisa menjelaskan ketika saya menerima signal SSID sebuah pemancar menggunakan laptop. di laptop saya terdeteksi signal SSID yang jauhnya berkilo2 dari tempat saya, namun kekuatan signal bisa 4 bar, analogi yang saya pakai adalah, mungkin receive nya memang gede, tapi laptop tidak bisa sent sama gedenya, alhasil koneksi tidak bisa berjalan, meski status di laptop saya Connected,

      kalau anda sudah mensetting dengan benar, antara satu tempat (3kM) dengan tempat yang satunya (5km) kemungkinan anda perlu mengecek hardware yang anda gunakan, sejatinya ketika setting sudah sama, seharusnya tetap bisa konek.

      semoga analogi saya bisa membantu

      @deni :
      yup, repeater hanya di colokin ke kabel adapter,
      tidak bisa ketika radio dijadikan repeater, dan dijadikan client, harus salah satunya. (tidak bisa ketika radio menjadi repeater lalu di fungsikan sebagai client)

      @zandra:
      walaikumsalam wr. wb.
      saya ingin membantu juga, namun kayaknya itu out of topic.

      untuk mengetahui mac address, bisa digunakan dari fitur survey, disebelah SSID ada fitur untuk melihat MAC address dari SSID yang anda cari

      kayaknya anda menggunakan wireless router ya? kenapa tidak mencoba wireless access point? agar lebih mudah untuk mengoprasikannya..

      @jaka
      bisa anda gunakan fitur repeater, selamat mencoba, nanti ditanyakan lagi saja kalau ada kesulitan2.

      @firdaus
      coba gunakan Access point, karena wireless laptop tidak tahan terhadap gangguan interference, apa itu interference, coba tekan ctrl+f ketik interference, saya sudah membahasnya di salah satu komen diatas.
      salam kenal.

      happy browsing all!

  • asis says:

    TP-LINK TD8817 .lampu indikator pada LAN mati

    pada lampu internet hidup
    pada lampu ADSL hidup cuma pada lan nya yang mati ………….rusak bagian mana ya pak….

  • angga says:

    bagai mana menyingkronkan tp link td-wa8901g dengan tplink tl-wa601G,tanpa kabel untuk internetan tetangga

  • gembhonk says:

    Kalo cara mensetting wajan bolic dengan TP-Link WN322G gimana ya ??, gak bisa connect ke AP sama sekali . Trus kadang bisa connect peer to peer, tapi dibuat browser ngga bisa ?

    Mohon Pencerahannya ya . Kalo bisa infonya dikirim via email ke gembhonk@gmail.com .

    Terima kasih banyak atas bantuuannya :)

  • doni says:

    salam kenal, maaf klo boleh saya mau mengajukan pertanyaan.
    begini, bagaimana caranya mengurangi jangkauan wifi untuk TP-LINK seri WR340G. kalo bisa tolong di kirim jg via e-mail ke e-mail saya (anunya_doni@yahoo.co.id) terimakasih banyak

  • hery says:

    mohon maaf pak mengganggu…
    kami memiliki dua buah TP-LINK TD-W8901G…
    saya merencanakan kalau yang satu dapat berfungsi seperti TP-Link TL yang lain… yang ingin saya tanyakan… apakah TP-LINK TD-W8901G bisa sebagai pemancar radio dari WiFI TP LInk yang satu lagi yang terhubung ke komputer dan ke konektor telkom speedy. jika bisa… tolong pak di kasih solusinya. terima kasih.

  • Adhil says:

    Gini mas ,.,
    aku punya hospot yg nmax nanostation2, tetapi saya mau memfungsikan sbgai Router,,
    pertanyaan saya giman crax kita fungsikan sbagai router,,.. dan arah sinyalx melempar kesegala arah atau dengan satu arah saja.,.

    Hub,.:
    085756455427
    atau di via facebook adhil105.fiz@gmail.com

  • tyo says:

    salam kenal mas Awik.

    mungkin ini agak sedikit keluar jalur,saya sudah punya TL-WA601, tetapi belum saya manfaatkan karena memang belum dibutuhkan.(karena masih dalam jarak yang relatif dekat).
    yang saya butuhkan sekarang adalah settingan wireless dengan TL-WN321G.
    saya punya accesspoint_saya aktifkan password_tetapi untuk ssid tidak saya pancarkan. bagaimana caranya supaya WN321G bisa terkoneksi ke accesspoint saya itu? kalau bisa,lebih baik autoconnect. oya,untuk tiap client pakai mac filter.(mac address WN321G didaftarkan ke accesspoint).
    sebelumnya banyak terima kasih.

  • renren says:

    sy tinggl di blakang RM SEDERHANA jakal, jogja,, di daerah sana HS yg free apa ya? tq buat yg mo kasih info

  • awik1212 says:

    asis : lan nya ga terhubung itu bossss..

    angga : maksudnya menyingkronkan? mungkin menjadikan satu ya? setting saja sebagai repeater bos.. untuk caranya bisa di lihat di komen2 diatas..

    gembhonk : kalau seri wn322G belum pernah boss…

    doni : silahkan pak, kalau untuk mengurangi jangkauan kayaknya tidak bisa pak, apa anda ada permasalahan pada orang2 yang jail masuk ke hotspot anda ya? anda bisa mencoba dengan mencopot antena. ^.^ saya juga kadang seperti anda, kerepotan terhadap keisengan warga sekitar. tapi anda bisa menggunakan fitur filtering untuk kasus mem-blok user2 yang tidka diinginkan masuk kedalam jaringan.

    heri : bisa, anda tinggal memanfaatkan fitur access point saja. manual nya ada di website tplink.com

    dwirusmiyanto : terimakasih atas trackback nya..

    adhil : setau saya sih, bisa melebar kesegala arah.

    tyo : salam kenal juga pak tyo, untuk hide ssid. anda bisa memanfaatkan fitur konek ke MAC addressnya. agak sulit untuk konfigurasi USB wifi. saya kurang memahami cara setting di device tersebut.

    renren : waduh mas, yang berbayar aja udah murah2 koq mas.. coba tanya temen2 yang lain. BRAVO!!!

  • Prabwo says:

    mas saya kan baru beli wifi router tp link tl-wr91n.
    setelah saya pasanng trus udah nyambung ke modem.
    akan tetapi saya coba wifi nya pada laptop ndak bisa browsing padahal sinyal dari wifinya udah kluar.
    gimana mas cara setting yang benar.

  • Prabwo says:

    mas saya kan baru beli wifi router tp link tl-wr91n.
    setelah saya pasanng trus udah nyambung ke modem.
    akan tetapi saya coba wifi nya pada laptop ndak bisa browsing padahal sinyal dari wifinya udah kluar.
    gimana mas cara setting yang benar.
    dan gimana caranya pengguna pc komputer bisa saling sharing data pada network palace dengan pengguna wifi routernya.Tx

  • anang says:

    sedikit pertanyaan . . mas bagaimana mengatasi throughput yang kecil (terdeteksi di server) padadahal signal excellent agar koneksi tetap lancar yaaa minimal pingnya g putus2 lahh

  • Fauzan says:

    salam kenal mas

    di dekat rumah saya ada hotspot, tp sinyal nya lemah.
    lalu saya beli TL-WA5210G. sudah di setting seperti ini:
    wireless mode: client
    ->survey, pilih hotspot yg dituju
    ->connect, save

    masalah yg saya hadapi adalah : “no internet access”
    mohon dibantu kira2 apa yg kurang settingannya, klo bisa step by step.
    Terima kasih.

  • Drajat says:

    Kulo Nuwun Boss, aku mau coba AP merk TP-Link TL-WA601G sebagai client, sementara ini untuk akses internet saya pakai usb wifi dengan wajan bolic. Pertanyaan saya : untuk akses internet bagusan mana / lebih peka / stabil mana antara AP dengan wifi apabila dengan apabila sama-sama penguatannta dengan antena wajan bolic ? makasih sebelumnnya

    • awik1212 says:

      @prabwo > hm… coba routernya dimasukin dulu ip di WAN nya mas.. settingan IP nya, jadi anda bisa konek tapi ga bisa ngapa2in.. karena anda belum di routing ke luar.
      mudah saja. cari WAN connection, mau pake PPOE, dynamic ip, manual ip, terserah. tergantung koneksi yang anda pakai menerapkan metode apa

      anang> kalau masalah trougput itu bisa dari 2 jalur yang berbeda. jadi sent dan receive nya. trougpout yang kecil, yang keluar atau yang kedalam? downloadnya atau uploadnya?

      fauzan> signalnya coba dikuatkan dulu

      drajat> mending pake AP saja ketimbang usb pak.. sudah teruji keandalannya.. dari dimensi saja sudah jelas beda pak.

      • Drajat says:

        kalau untuk nembak hotspot pakai usb wifi blue link dengan AP tp-link jauhan mana ? sementara aku pakai blue link dengan reflektor wajan bolik busa nembak radius 5km walaupun kadang putus-putus. Kalau pakai AP tp-link TL wa601g dengan reflektor yang sama kira-kira bisa nembak berapa jauh dari hotspotan ?
        Makasih atas jawabannya

  • luqmanul hakim says:

    Salam kenal….
    Maaf Bapak saya mau minta tolong.
    saya baru pasang speedy dirumah dan saya punya 2 PC dan laptop.
    dan PC yg untuk internet cuma 1.
    tiap kali saya pengin internitan saya selalu antri sama saudara saya.
    akhirnya saya beli acces point dan Hub.
    tapi saya gak tahu caranya tuk menghubungkan itu semua
    saya pengin 2 komputer dan laptop bisa dipakai untuk internet.
    gimana caranya menghubungkan Speedy dengan Hub dan Access Point biar 2 komputer dan laptop bisa dipakai untuk internet……
    tolong bantuannya ya pak
    kirim ke email : luxerman.82@gmail.com

  • Hery says:

    assalammualaikum

    salam kenal mas awik.saya punya tp-link 5110.yang saya mau tanyakan gmn ya cara settingnya jika konfigurasinya TL 5110hub/switch tp-link8portkomp.pc!! konfigurasi seperti apa yang harus saya lakukan di TL-5110. terima kasih untuk penjelasannya!!!pasti bermanfaat bagi kami yang masih awam

  • JACK says:

    Salam kenal mas AWIK

    saya pasang TP LINK 5110g untuk memancarkan speedy dari rumah saya ( ROUTER )
    untuk inputnya ( WAN ) ngggak masalah pertanyaan saya :

    @ supaya out put nya (wireles) pakai filter MAC & IP clien masuknya manual tapi tidak satu class dengan WAN
    contoh IP input WAN kan 192.168.1….. kemudian keluar ( wireles ) dibuat misalnya 10.20.30…..caranya bagaimana mas ….trim’s

  • BESt says:

    membaca semua post sampe mata berair…. tapi yg dicari kayaknya belum ada… atau mungkin kelewatan.. tapi maaf sebelumnya, saya mau tanya lagi…
    saya sudah berhasil memancarkan tp-link td-w8901g ke 4 tetangga saya,,, menggunakan antena grid dan sisi client menggunakan laptop & bajanbolic.. yg jadi kendala adalah ada satu tetangga yg hobbynya download siang malam, sehingga yg lain jadi lelet/lag. apakah td-w8901g bisa membatasi limit per client untuk wifi-nya dan LAN. klo emang ada mohon pencerahannya.
    matur tengkyu..

    • awik1212 says:

      @luqmanul hakim :
      untuk accesspoint yang bapak punya merk nya apa pak?
      maaf lama membalas karena kemaren honeymoon dijakarta.

      @hery
      walaikumsalam wr. wb.
      untuk tl-511o tidak jauh beda dengan tl-wa601 hanya saja untuk alamat tp-link yang dibuka lewat browser bukan 192.168.1.1 melaikan 192.168.1.254
      untuk setting client, sama persis dengan urutan2 yang ada diatas semoga membantu

      @jack
      salam kenal juga pak jack
      untuk ip yang bapak inginkan, bapak tinggal setting dengan ip DHCP
      namun setau saya, untuk tl “WA” 5110 itu access point, jadi tidak bisa plug and play untuk kasus Router. anda harus membuat mini router sebelum koneksi internet di colokan langsung ke Accesspoint.
      langkah yang harus anda tempuh
      saya asumsikan anda sudah punya 2 LANCARD
      1. koneksi masuk ke komputer dahulu
      2. install winroute. (coba cari di google untuk tutorial pengguannya.
      3. pasang kabel dari komputer keluar menuju 5110
      4. selesai

      kecuali anda membeli produk dengan seri WR (wireless router) bukan yang WA (wireless Acesspoint)
      kalau yang WR semua sudah ada program routing amatir didalamnya

      *WR dan WA itu beda dengan versi

      @Best
      kalau untuk bandwidth management di alat tersebut tidak disediakan
      coba bapak menginstall winroute dulu didalam PC mini server anda.
      tutorial winroute dapat bapak cari di google
      koneksi -> pc (settingan winroute) -> Acesspoint -> client

      semoga bisa membantu.

      *Maaf untuk semua pertanyaan yang lama balasnya, karena bulan lalu saya sedang honeymoon. selamat mencoba
      CMIIW (correct me if im wrong)

  • setepen says:

    Salam kenal mas Awik..
    Saya mau mensetting Wireless AP di kantor saya yang menggunakan speedy dgn sistem hotspot.Mau tanya bgmn setting password wireless TP-LINK TD-w8901g agar hilang.Sehingga pada saat mengkoneksikan permintaan password tidak ada lagi.Jika ulasannya panjang tolong di kirim ke e-mail saja

    Terima Kasih,

  • Taukhid says:

    mas awik salam kenal……..
    mohon pencerahan mas ……….
    sekarang saya dihadapkan dengan permaslahan yang baru dengan RB750G milik teman sya, yang
    ingin saya tanyakan adalah Gimana cara setting/mengaktifka n Wireless bawaan
    TP-link TD-W8901G, Modem+Router+ Wifi dengan RB750G? karena wireless sama
    modemnya memiliki IP Address yang sama. Thanks’s Before

  • yudi says:

    mas, maaf mau numpang nanya nih….
    Ada tetangga baru beli Modem Router TP-Link W8901G. maksudnya cuma mau dujadikan Access Point aja (emang kayaknya salah beli, harusnya beli AP aja). di perumahan kami sudah ada jaringan speedy. topologinya :

    ADSL –> switch –> Laptop

    IP Address ADSL 192.168.1.1
    Client : DHCP

    selama ini koneksi masih pake kabel, pengennya mau pake Wifi. tapi bingung settingnya IP Addressnya. Mau dibikin seperti ini :

    ADSL –> switch –> W8901G ))) Laptop

    Bagian mana aja yang harus di setting? makasih banyak. maaf ngerepotin…

  • sely,SAP says:

    berapa sih signal minimal untuk bisa konek dg TP lin WA 5210G. aku coba nembak warnet-ku dari rumah dg AP 3Com indoor, client tplink wa 5210G. survey dpt 11-18db, tapi ga bisa konek. solusinya sih memang harus dibikin outdoor 3com dan plus anten eksternal. apakah minimal signal 30 db ? baru bisa konek? bantuannya mas .. ta tunggu. trus satu lagi ip default Dlink dwl-g700 berapa sih ?
    ta tunggu mas di sely_tekfunghan@yahoo.co.id. lagi bangun rt.net di komplek. mksh.

  • mondhol says:

    Mas mau tanya niechh….

    kalu seting AP 601 sebagai Client. tapi utk AP pusat pakai WEP.
    nah yg saya tanyakan masukin WEP Key nya dmna ya di AP 601.
    dah seting mode Client

    terimakasih mas

    • awik1212 says:

      @ setepen : kalau itu dibagian security pak, anda masuk dulu ke TP link tersebut. lalu bagian security di pilih “no”. karena kalau masih meminta password, itu artinya masih ada security.
      contoh macam security diantaranya : WEP, WPA, dll

      @taukhid:wah.. saya masih bingun dengan pertanyaanya..

      @yudi: sudah ada ulasan diatas pak

      @sely: signal minimum 30 db bos.
      ip dlink itu biasanya 192.168.1.20
      ga tau juga sekarang :P
      selamat datang di dunia rt rw net mas.. :D

      @ mundhol: dibagian security bos..

  • hari says:

    lam kenal mas…mo tanya gimana cara nyeting acces point (192.168.1.1) tplink, pdhl aq sdh make modem+router+wifi tplink(192.168.1.1). gambaranya spt ini : telepon – modem+router+wifi – access point…nuwun..

  • markeso says:

    di kantor saya sudah terpasang internet paket gratis jardiknas dg keadaan sbg berikut :
    1. default gateway 118.98.218.xx1
    2. client yang bisa ngenet cuman 5 pc yaitu 118.98.218.xx2 – xx5
    3. saya merencanakan untuk beli tp-link tl-wa601g sebagai acces point wifi
    pertanyaan :
    bagaimana cara setting tp-link tsb supaya bisa dinikmati banyak laptop/pc. mohon pencerahannya
    terima kasih

  • agus marwoto says:

    mau kenal mas yang baik hati,

    saya menggunakan TP-LINK sebagai AP di lokasi yang luas denga bagunan gedung yang berliku dengan pepohonan yang rindang sehingga sinyal tidak bisa diterima ditempat yang jaraknya sekitar 150 m walaupun satu lokasi nah rencana akan saya perbesar sinyalnya dengan menambah TP-LINK 2 bh sebagai router agar sinyal bisa diterima dengan baik, mohon penjelasan bagaimana cara seting baik di AP maupun routernya. tmk

    agus m

  • ibhenk says:

    maaf pak mau numpang tnya nie..???
    begini mas..
    saya memiliki hardware atau wireless TP-LINK type TL-WN321G, Pernangkatnya hanya modem usb aja.. dan anehnya lagi tidak dapat dibuka or dibaca oleh kumputer saya.. tpi klo dari laptop saya bisa… jadi gmana ya…??
    padahal komputer saya baru, gak mungkin kan klo ada maSalah dikomputernya…
    gmana ya..mas..??
    thankz…

    • awik1212 says:

      @hari : kalau untuk kasus itu jangan disetting seperti diatas, namun disetting untuh mode access point aja pak . hampir sama langkah2 diatas, namun pada combo box “client” diganti dengan memilih “access point”

      @markeso : coba anda membeli wireless router saja, kemudian pakai salah satu ip (misal xx2) masukan kedalam WAN setting. saya yakin itu akan bisa dibagi oleh puluhan laptop/pc.
      untuk keterangan fungsi router dan fungsi accesspoint bisa dibedakan sendiri di artikel2 yang tersedia cukup banyak

      @agus M : untuk langkah yang anda maksud mungkin lebih ke “repeater”. cara diatas bisa anda pakai, cuman dalam pemilihan “client mode” anda ubah ke dalam pilihan “repeater” dalam comment2 diatas, pernah dibahas oleh teman2. selamat mencoba

      @ibhenk: kalau itu saya kurang paham mas, biasanya kalau tidak terdetect dalam PC itu karena pengaruh USB nya. bisa jadi USB port anda bermasalah. atau bisa jadi Operating System anda juga bermasalah.

  • Kumis says:

    Omong2 disini udah adakah yg sukses crack wep/wpa pakai windows dengan tp-link??
    Bagi2 dong pengalamannya!!
    Kalau pake linux sih gampang banget crack wep/wpa.

    Thanks.

  • tompel says:

    asalamualaikum…..
    halo……Mr x……..
    saya mw tanya kaya gini:
    pemasangan ip adrsnya pa semuanya sama antara tp-Link satu dgn yang lain……192.168.1.1 n ga bisa di ganti sesuai keinginan kita….

    Terus kalo suda terseting Tp-Link lalu kegunaannya tuk apa ya ………
    misal di kampus sudah ada jaringan internet yang katane namane MIKRo………low saya sudah menyating radio ke komputer saya pa bisa masuk ke jaringan di kampus……….trus low bisa caranya gimana ya biar bisa masuk jaringan di kampus……..
    atur Nuwun mbah………..semoga pekerjaan embah di dbidang yang embah senangi……………..
    wasalam TOMPEL mbah ………

  • wildan says:

    wah seneng banget ya berkunjung ke blog mas awik ini, pengetahuanku bertambah.
    mau tanya ni mas… gman cara mengatur radio TL WA601G untuk memasukkan MAC Adres radio client/penerima agar radio client/ penerima bisa koneksi ke radio TL WA601G ini.

  • Indra says:

    Ada yang pernah ngalami TP-LINK TL-WA601G nge-reset sendiri, atau kita udah setting ke client dsb, dan udah ok untuk konek ke hotspot n bisa internetan, tapi besoknya gitu gak konek, setalh dicek ke AP nya, modenya pindah ke mode AP, kira2 ini kenapa ya? dan kejadian ini gak cuma sekali or dua kali, tapi sering kali…. mohon batuannya, thx.

  • Rian Hidayatullah says:

    minimal sinyal db nya berapa ya?
    tz harus nyeting gateway IP sesuai dengan access point yang ditembak gak?
    terima kasih

  • ucup says:

    gan saya mo nanya gimana cara setting tl-wa701nd apa sama dengan cara diatas, rencananya saya mo jadikan client saja, mohon dukungannya terima kasih

  • mas Puguh says:

    mas TP link wa601 g apa bisa untuk buat hotspot, kalu iya berapa jangkauannya? mksh mas

  • dito says:

    mas numpang tanya..
    selama ini menggunakan TP-LINK422G sbg penangkap signal wifi dah berhasil (pake PC/laptop) tp saya punya ide yg sedikit “nyeleneh”
    1:bisa ga TP-LINK422G saya digunakan sbg penangkap/pemancar signal wifi via HP yg non wifi atopun yg sudah build-in wifi dng menyambungkan/modif cable data bawaan dng jack USB “female to female”(OS HP windows mobile)
    2.klo bisa mohon pencerahaannya
    3.klo ga bisa brarti sudah nasib :p
    matur nuwun..

  • sewsya says:

    hai salam kenal semuanya, bolehkah saya bertukar link dari blog ini ,kunjungi rumah saya di : http://sewa-ac.viviti.com :x

  • asy'ari says:

    pak mau tanya merek AP apa ya yang paling suppot kalau untuk hubungan dengan merk yang bermacam-macam, bila digunakan sebagai Client?

  • ahmad says:

    Ass,,,wr,wb
    pak mau tanya.
    say pake modem adsl wifi tp-link w8101g diseting ppoe
    lalu saya mau memperkuat sinyal ke gedung sebelah pake tplink wa601g
    setelah di seting sbg repeater di ap nya , yg muncul ssid nya cuma 1 ssid yang di modem,
    tp kalo diset menjadi acces point, pas di scan di laptop dapat dua ssid,
    gimana cara seting di ap tersebut agar bisa konek internet dua duanyadan di laptop muncul 2 ssid nya

    sebelumnya terimakasih.

    wassalam..

    • awik1212 says:

      memang repeater itu fungsinya hanya untuk memperkuat signal, jadi hanya terbaca satu ssid.

      kalau untuk pertanyaan, agar muncul 2 ssid, dan semua ap sama2 berfungsi sebagai ap yang berbeda. anda perlu menambahkan kabel dari modem adsl wifi ke ap wa601g tersebut.

  • San says:

    Siang mas
    Mo nanya nee.. sebelumnya maaf karena sy agak gaptek gitu
    saya punya Acces Point TP-Link seri TP-WA601G
    pertanyaannya fungsi sebenarnya peralatan tersebut untuk apa sih..?
    dan bagaimana cara menggunakanya
    terima kasih atas Ilmu yg diberikan untuk kecerdasan bangsa ini

    rgds
    San

    • awik1212 says:

      AP (access point)

      Wireless access points (APs or WAPs) are specially configured nodes on wireless local area networks (WLANs). Access points act as a central transmitter and receiver of WLAN radio signals.

      Access points used in home or small business networks are generally small, dedicated hardware devices featuring a built-in network adapter, antenna, and radio transmitter. Access points support Wi-Fi wireless communication standards.

      Although very small WLANs can function without access points in so-called “ad hoc” or peer-to-peer mode, access points support “infrastructure” mode. This mode bridges WLANs with a wired Ethernet LAN and also scales the network to support more clients. Older and base model access points allowed a maximum of only 10 or 20 clients; many newer access points support up to 255 clients.

      semoga membantu

  • imam says:

    saya punya AP Powerking 1000mw + kenbotong 24 dB,bagaimana cara konfigurasi awal AP supaya bisa nembak hotspot/AP yg tidak dikunci.Thanks

  • tukangnanya says:

    saya mau tanya, di komputer saya ada tertangkap sinyal wireless network connection dari RT/RW saya… denger2 sih tu progam pemerintah internet masuk desa,, So yang mau saya tanya sewaktu saya connect tu gak bisa nyambung, kira2 disini masalhnya apa ya?apa saya harus mendaftar atau harus ada cara2 lain untuk menyambungnya secara manual…trims n mohon dijawab y

  • Rudi says:

    pagi mas,

    saya mengalami sedikit kendala mengenai cara menggabungkan 2 s/d 3 wifi router, hanya menggunakan 1 isp. contoh : wifi router no.1 + isp xxx (settingan standard sudah jalan), sekarang saya tarik cable utp/lan dari wifi router kira2 20meter ke wifi router no.2 (settingan dhcp disable), wifi no.2 ok tetapi lan cable tidak berfungsi…padahal saya mau connect lagi 20meter ke wifi router ke no.3….mohon petunjuk ringkas, trims

    salam,
    rudi

  • Indra says:

    Pak Awi salam kenal !!
    To the point aja nih..sy mau tanya bagaimana me-reset TP LINK TL-WA601G dari POE krn udah terlanjur sy pasang dan klo harus menurunkan antena mesti bongkar atap rumah lagi ? Maklum krn tidak punya halaman n di tengah kampung yg padat . Terimakasih sebelumnya !!

    • awik1212 says:

      1.lepas semua listrik
      2. tekan tombol reset
      3. tahan
      4. colokan listrik (dari adapter langsung ke radio)
      5. tahan (tombol reset [point nomer 2] masih ditekan)
      6. setelah 30 detik, lepas tombol reset

      • raung says:

        coba aj ke tab factory default…..

        ad di tab menu system tools…itu akan mengembalikan semua settingan ke default…..

        smoga membantu…..

  • nantha says:

    mas, mau tanya, saya baru beli router wireless tp-link, serialnya lupa, tp tulisannya si TP-link_f0465c. sebenernya semua sudah berjalan dan bisa digunakan.
    yang mau saya tanyakan, bagaimana agar wireless saya bisa diberikan password.
    saya coba sesuai blog2 yg lain,yang suruh pilih wep, dll. nah pas saya pilih, kok cuma paltop saya saja yang bisa masuk? sedangkan laptop lain yang di rumah, tidak bisa masuk, setelah memasukan password, dia tetap tidak connect.. mohon pencerahannya mas.
    kalau bisa tolong jelaskan masing2 fungsi atau pengertian pemilihan wireless security antara wep,dll

    • awik1212 says:

      @ imam : kalau untuk radio ubnt nanti saya buatkan sendiri postingannya bos. thanks.

      @tukangnanya : sebaiknya di tanyakan ke pengelola yang bersangkutan dulu pak, nanti kalau ternyata memang free.. anda bisa mencoba untuk meng-konek an nya dengan cara2 yang seperti kita bahas diatas.

      @rudi : anda bisa menggunakan fasilitas repeater kalau itu. tidak perlu repot dengan kabel.

      wifirouter1 (mode : ap) —> wifirouter2 (mode:repeater) –> wifirouter3 (mode: repeater)

      @nantha: kalau wep biasanya 64bit. jadi 10 angka
      kalau untuk laptop, masalah security biasanya emang udah di cookie kan di wireless setting, jadi seperti menyimpan memory settingan konek ke sebuah access point. jadi tidak perlu memasukan wep lagi.

      untuk pertanyaan kenapa komputer lain tidak bisa masuk, pertanyaan dari saya apakah sebelum digunakan wep semua bisa berjalan dengan normal?

  • nantha says:

    mas, saya mau tanya, saya baru beli tp link serinya saya lupa, tp tilisannys si tp-link_f0465c. sebenernya semua sudah berjalan dengan baik dan dapat digunakan.
    tapi permasalahannya saya ingin supaya wireless saya di kasi password.
    saya sudah coba yang ada di blog2. tp kok pas saya coba, cuma laptop saya (laptop yang setting router tsb) yang bisa connect. laptop yang lain, tdk bisa connect. password sudah dimasukan dengan benar, tapi tidak bisa connect. tapi kalau tidak saya kasi password untuk routernya, semua bisa connect.
    dan apa si beda wep,dll(lupa nama2nya,,, hehehe) mohon pencerahannya…

  • adi says:

    pagi mas, saya mw bertanya nii
    saya sudah coba TP link wa5210G sbagai klien,,

    bagaimana caranya agar sinyal dengan WEP disaya gunakan???
    soalnya gak ada kolom pengisiannya….

    apa ada saran ato pencerahan mas

    • awik1212 says:

      itu harus di isikan secara manual, anda masuk ke menu security, lalu menambahkan password security sesuai dengan WEP sebuah sinyal yang anda maksudkan.

      • adi says:

        ok mass, mksh bnyak mas,, maaf say lupa ngenalin diri, saya abdi dari padang mas…

        mas, saya cba dulu ya mass.. mkash bnyak atas jawabannya…

      • adi says:

        mass..bingung saya ni mass..mhon bimbinganya???

        Saya pemgguna TPLINK WA5210G

        saya sudah setting AP – client, ip LAN : 192.168.100 ip WLAN :192.168.1.254

        saya pengen nangkap sinyal wifi dri cafe jarak 100 m dri rumah saya

        sampai saat ni saya gak berhasil mass… sudah saya masukan kode yang sesuai.. tapi gak bsa juga,, bahkan wifi tanpaWEP juga gak bsa mas,,,
        bahkan saya tes dengan laptop yang saya jadikan AP, gak juga bisa connect dengan atao tanpa password WEP..

        klo di jadikan AP.wahhh saya gak kecewa was.. sangat gamang…

        mass,, apa WA5210G ni punya keterbatasan untuk client..
        Mhon pencerahannya

  • daney says:

    mas…
    saya baru saja beli AP tp-link. . . . tp kok cuma server dan 2 laptop aja ya gan ya????
    mau konek ke laptop satu lagi sudah gak bisa….
    di setting apanya y gan ya klo problemnya kayak gtu???

    please bantuannya.!!

  • Nayeh says:

    Mas awik………….
    mau tanya mas??
    Kronologi>>speedy 8mbps>rb450g>>>>>ap b2hp Mode ap wds>>>>jarak 5kiloan tplink5110+grid Mode clien dan dpat 30 db 5210 Mode ap Plus hub (dalam satu penyanggah)>>>>>?jarak 500meter 5210 mode client>>user 10 pc.

    1. yang saya tanyakan knpa tuk brousing aja udah lambat sya lihat di ping dns mencapai 1500an????
    2. dan bagai mana cranya supaya bisa stabill tuk mslh ini…????
    Mohon pencerahannya sblunya trimaksih…..

    • awik1212 says:

      untuk permasalahan pertama,
      mungkin masalah interferensi jaringan? coba di cermati masalah tersebut. coba signal nya agak lebih di gedein. (lebih dari 30db).
      untuk masalah signal adalah masalah momok di dunia wireless, karena dilihat dari kepadatan frekuensi di sekitar jaringan kita,
      sebelum ping ke server, coba ping radio ke radio. apakah ping nya juga sebesar itu?
      kalau iya, mungkin ada baiknya meninjau besar kecilnya signal tersebut,

  • nasyeh says:

    Mas awik lanjut
    B2hp>><><<5210 tetep 50an db

    ping ke radio stabil tpi bila tuk brousing langsung naik 1500 lebih..

    mohon pencerahanya….

  • Nasyeh says:

    lanjut mas awik
    Detail
    8mbps rb450g—–>>warnet 20 unit pc
    ‘—–>>b2hp+omni hiperlink——–>>Client 36 an PC
    ‘.
    ‘—–>>5kilo {(5110g+grid Mode client 30db)(5210g mode ap)dalam satu penyanggah}——>>500meter(5210 Mode Client 50db)——>>warnet2 10pc

    Jawab: rb450g..!!
    tidak bisa test bandwith krena parah saat browsing ping langsung naik dns 1500-2000an kalau posisi standby normal 20an..!!

    pertanyaan:
    1.apakah b2hp mampu menjembatani 5 mbps???..
    2.saya ada kesangsian di 5110 mode client 30db itu gak mampu menjembatani warnet2 10pc
    kalo dugaan saya benar akses point apa yang pass???…
    tolong pencerahanya… Maaf lgi bingung banget…>>

    • awik1212 says:

      b2hp itu bullet 2 kan?

      untuk mas nasyeh, sekiranya dalam penggunaan access point, dipilih saja access point yang memang sudah terpercaya men-handle kasus bandwidth yang besar.
      saya saranin sih pake saja mikrotik wireless.

      kemungkinan besar, untuk kasus 5110 kalau untuk jarak 5km pun itu dah ngos2an. apalagi ditambah dengan beban yang sebegitu besar.

      lebih bijak ada baiknya menggunakan perangkat dg level yang diatasnya (5110).
      umumnya memang dalam dunia wireless selalu ada slogan “ada harga ada kualitas”, bukan maksud meremehkan perangkat yang murah. namun lebih tepatnya, sebaiknya bijak dalam membelanjakan alat.

      tapi untuk b2hp sepengalaman saya tidak ada masalah dalam bandwidth besar, beberapa bts saya juga menggunakan merk tersebut. tapi kurang lebih saya batasi 10-15 user client. kalau lebih dari itu, siap2 upgrade alat deh.

      setau saya emang kalau diforum2 wireless, kasus tplink untuk menghandle beban berat, selalu drop. dan kepayahan.

      saran saya, coba ganti dengan mirktoik.

      sukses usahanya ya mas. :)

  • Nasyeh says:

    Mas awik
    Okzz Maksih banyak mas…
    Moga Tambah Sukses…Salam

  • nagari says:

    boss.. salam kenal, saya punya AP TL WA5110G awal nya ada sinya tapi gak bisa connect lalu saya reset ternyata malah gak bisa di akses lag, terus mau setting ulang gak bisa masuk ke IP awal 192.168.1.1 bagaimana solusinya boss. tks

  • nagari says:

    mas makasih,
    terus setelah saya coba lagi bisa mas tapi sekarang malasahnya gak bisa connect internetnya klo acces data jaringan sudah oke.. tolong kasih pencerahannya. tks

    • awik1212 says:

      diselidiki, untuk IP saat mensetting access point kan di buat range 192.168.1.x. lalu tanyakan kepada jaringan yang anda konek kan, apakah menggunakan ip tertentu? atau menggunakan ip dhcp.
      karena kalau sudah konek ke jaringan. untuk bisa mengakses diperlukan IP sesuai ketentutan yang ada di jaringan tersebut.
      untuk itu anda bisa menanyakan kepada admin jaringan nya.
      semoga membantu.

  • jmj says:

    Pa., mo nanya sy punya TL WA5210G mau di pake buat Client WIFI pake sinyal di kantor.., pas di wireless mode trus di survey dapet 32db sinyalnya pas di click connect tp ga conect2 , trs kan itu ada passwordnya masang passwordnya dimana pa., soalnya saya udah dapet password nya..

  • sugeng says:

    mas aku pakai tl-wa5110g aku upgred palah enga bisa masuk ke menu/engnga bisa loging gimana ya mas mohon bantuannya,trimakasih mas

    • awik1212 says:

      waktu upgrade firmwirenya sukses ga mas? kalau ditengah2 waktu upgrade firmware itu tiba2 listrik mati, bisa rusak lho mas.. soalnya aku pernah upgrade firmware trus ga sengaja adaptornya kesenggol. alhasil tidak terupgrade dengan sempurna. itu berarti tplink saya rusak :P

      namun, dicoba dicari di situs tplink, apakah ketika mengupgrade tplink tersebut. ip nya kembali ke default awal seperti saat ip pertama kali setting. atau berganti menjadi ip tertentu.

      maaf tidak bisa memberika solusi. :(

  • Erwin says:

    Selamat Siang

    Saya mw tanya, saya punya TP-LINK 108M wireless USB Adapter Model TL-WN620G. dan koneksi internet dirumah saya pakai fastnet.Yang mau saya tanyakan cara untuk membuat koneksi wireless dirumah saya dengan spesifikasi tersebut.Mohon bantuannya yah..

    Terima kasih atas bantuannya.

  • raung says:

    mo tanya nih juragan……

    saya beli tp-link TL-WA500g….dah saya set sbg client tapi ko pas d lihat di wireless statistic tulisan’y “AP-DOWN”….

    saya dah site survey n connect….
    kesalahan saya ada di mana ya pak????

    klo misal signal di bawah 10db apa pengaruhnya pak?
    minimal signal nya brp ya ?

  • [...] The busiest day of the year was December 21st with 145 views. The most popular post that day was cara setting TP-LINK TLWA601. [...]

  • agung says:

    Permisi mas…mo tanya nie,. bagaimana pasang dua buah TL-WR543G yang sama dan settingannya,?
    – yang satu sudah di pasang dan berjalan lancar..
    – saya sudah beli lagi dengan tipe yg sama niatnya mo di pasang dengan tempat yang berbeda..

    tolong ya mas beri pencerahan,…

  • rieed1 says:

    TQ dg kesediaan bapak untuk selalu berperan, berbgi ilmu untuk semua…
    aq butuh ilmu yg baapk kuasai,..
    kmrn brusan beli acsespoint TP ling WA5110G, udah aq pasang, bisa conet tp cm win WIN XP aja, pke win7, Hp g bisa konet, cm dapet jaringn tp g bisa ngenet gitu.. mohon bantuan bapak,

  • ANIS KAMIL says:

    Mo nanya ni gan..,
    aku beli TP-Link TL-WA5210G trus aku pasang antena Omni 22db Slotted dan aku sambung ke Router Wireless TP-Link MR3420 agar bisa mancarin sinyal buat RtRwNet, tapi kok malah gak bisa Conect2 ke Internet ya..? Padahal TL-WA5210G sdh aku Setting sbg AP Mode dg SSID sama dg MR3420, apakah pengaruh ya gan…? ato ada salah yg lain…
    makasih atas solusinya,

    • George Bush says:

      Setahu saya kalau Tp-link 5210 tidak bisa dipakai external antena memang fasilitas antena ext disediakan kayaknya hanya untuk variasi saja, soalnya saya pernah coba pakai ext antena tapi pancaran malah mengecil dan saya sudah ublek-ublek di forum memang seperti itu tp-link tipu konsumen.

  • wah artikelnya berkesan, bagus kali!!!

  • siswanto lie says:

    Maaf, sebelumnya salam kenal. saya siswanto. ingin tanya soal jaringan wifi. saya ingin pasang wifi tapi biar bisa sampe 2 kilo ada yg baiknya di gunakan? makasih atas penjelasannya.

  • Nayeh says:

    Mas awik
    bullet 2 high power 800mw
    mode AP mampu di tangkap brapa clian tuk maksimalnya
    Kalo di tangkap 79 clien kira” keberatan pa gak yaaa tu bulett 2 high power Mohon pencerahanya

  • [...] Posted January 22, 2009 by awik1212 in awik dan kesibukannya, tsalatsa, wireless. Tagged: Akses Point, AP, cara setting, cara setting AP, radio, TL WA601 g, TP LINK. 419 Comments [...]

  • Muliansyah says:

    Salam kenal sebelumnya….saya muliansyah, ingin bertanya banyak tentang jaringan wifi….langsung aj. saya memiliki wlan merk gemtek P-830 dengan hanya dua mode yaitu mode statio router dan station bridge. kemudian saya ingin setting agar saya dapat signal dari kantor yang hanya berjarak kurang lebih 150 meter….saya udah otak atik tapi mandek….otak saya..dan cari ke googling juga g ketemu cara setting gemtek P-830…saya sudah berbagai cara agar bisa masuk dalam jaringan termasuk. dan sudah saya ikuti intruksi sesuai dengan buku manualnya tapi berbahasa inggris.
    bagaimana cara agar bisa saya menikmati wifi secara gratis…kebetulan saya sudah tau ip adress dan wep key dari ap di kantor saya…mohon pencerahannya

  • gunawan says:

    saya bru beli tplink 727n,cara setup na gmn ya,supaya wifi d sekitar rmh saya bisa terdetec…..? thks

  • bagus says:

    selamat siang pa, langsung saja saya punya wifi dengan merk d-link saya bermaksud membeli wifi dengan merk tp-link yang mau saya tanyakan bagaimana cara menyesetting wifi tp-link tersebut agar dapat menjadi repeater dan dan signalnya dapat diterima oleh d-link, trims atas bantuannya…

    • awik1212 says:

      @erwin : kalau cara seperti itu saya kurang bisa menterjemahkannya dalam tulisan, namun yang jelas kemungkinan seperti itu bisa. coba anda cari digoogle tentang artikel dari ms.windows. sepertinya ada tutorial lengkap untuk itu.

      @raung : minimal signalnya rata2 diatas 30db pak. monggo di coba survey lagi.

      @agung : seting saja sebagai repeater pak. pastikan salah satu ap dianggap sebagai access point utama, dan ap yang kedua disetting sebagai repeater.

      @riied1 : sepertinya masalah ini juga dijumpai oleh beberapa pengguna tp-link lainnya. saya pernah menjumpai kasus seperti ini, yang saya lakukan tinggal klik kanan logo local area connection. lalu diagnose. selesai. tapi ini di coba di win xp bisa kan?

      @anis kamil : coba di cek ulang sudah terpasang dengan benar belum kabelnya, yang jelas secara arsitektur, anda sudah melakukan dengan benar.

      @segaran : terimakasih. selamat berkunjung kembali.

      @siswanto : salam kenal kembali. kalau untuk jarak 2 kilo anda bisa menambahkan antenna grid pada tp link bapak. silahakn dicoba. dan pastikan anda bisa mendapatkan signal kurang lebih 30db

      @nayeh : saya sudah mencoba radio tsb. tapi kalau signalnya -79 itu jelek sekali menurut saya, idealnya diangka -60 kebawah. kalau bisa -40 pasti lebih bagus. algoritma nya diubah ke EMWA dan di ssid silahkan di mac lock ke mac address signal yang bapak ingin konek kan.

      @muliansyah : salam kenal juga. kalau itu, silahkan pilih di station bridge. dan dalam security setting menu nya, silahkan masukan WEP yang bapak tau. setelah di status sudah muncul connected. silahkan rubah ip sesuai dengan ip yang ada.

      @gunawan : kalau untuk usb wireless lebih mudah lagi, seperti menggunakan wifi yang tertanam di laptop, namun yang menjadi perhatian bahwa, pastikan signal di sekitar rumah memang menyediakan koneksi gratis, dan minimal signal yang harus didapat adalah 3-4 bar.

      @bagus : kalau repeater bisa bapak cari dengan cara klik ctrl+f di blog ini. lalu ketik repeater, karena beberapa komen diatas sudah ada yang membahas konfigurasi repeter di blog ini secara terinci.
      sama2x..

  • Dj Tousa says:

    Salam kenal Bos, saya pakai TP Link TL-WN322,saya pasang dilaptop untuk nambah sinyal(maksud sy biar browsernya lancar). Setelah terpasang bisa connect, tp tidak bisa digunakan untuk browser. Bagaimana caranya supaya bisa browser. Tolong minta pencerahannya. thanks

  • firmansyah says:

    Mas komputer kantor aku pake TP-LINK TL-SF1005D yang aku mau tanyakan bisa gak ngebuka situs yang diblokir terus selama ini downloadpun diblokir harpan aku si bisa ngedownload n situs yang diblokir bisa dioperet.

  • nanang popindo says:

    pagi pak….
    gimana dengan tp-limk tp td-w8101g
    pa bisa di jadikan repeater pak ..
    saya coba kok gak bisa…
    kalo bisa
    gimana setinganya pak

  • ipoel says:

    Hey, mas Awik aku senang masuk blog “Njenengan” matur nuwun..

  • FEY says:

    salam kenal,saya pemakai tp-link WA5210G,ditempat saya struktur bangunannya terbuat dari besi dan bising . untuk mendapatkan sinyal yg bagus apa yg harus saya lakukan.dan terkadang sinyal ok tetapi pada saat di ping ms tinggi sekitar 3000 padahal idealnya 10 – 30.sebab di kantor saya jarangan tersebut buat transfer data antara sub kantor.mohon bantuannya,trims

    • awik1212 says:

      bisa ditambahkan antena penguat saja mungkin pak.. tambahkan antenna grid ataupun antena yagi. terimakasih atas kunjungannya. semoga bisa membantu.

  • beny is says:

    salam kenal pak Awiek..!

    saya orang yang masih awam untuk dunia jaringan komputer. oleh karena itu, saya ingin bertanya beberapa hal :
    1. bagaimana untuk memblokir situs porno dengan program nawala pada jaringan hotspot ? yang perlu diseting modemnya atau wireless outdoornya ? modem yang saya gunakan merk linksys dan ap merk tp-link
    2. saya membeli wireless outdoor merk TP-Link TL-WA5210G sulit untuk login ke halaman webnya. padahal sudah saya masukkan IP addressnya yaitu 192.168.1.254 tapi tetap gak bisa. bagaimana solusinya pak awik ?

    itu dulu pertanyaan dari kami, semoga pak awiek berkenan untuk menjawab atau dikirim ke email kami. terima kasih alias maturnuwun.

    salam dari kota batik – pekalongan

    • awik1212 says:

      salam kenal juga,
      1. memblokir situs anda bisa gunakan fitur firewall dalam sebuah router mas. yang diblok adalah alamat ip situs yang ingin anda blok
      2. ip komputer harus dalam ip network tp-link. coba sebelum masuk ke tplink, silahkan rubah ip komputer anda menjadi 192.168.1.1 dulu. kalau ternyata masih belum bisa silahkan lakukan reset pada radio tplink tersebut.

      salam dari kota gudeg-jogja

  • teebee hikam says:

    mas awik luar biasa pencerahan’a yg sgt ngebantu bg newbie sprt saya nie …
    mohon bantuan’y mas, sy pakai modem tp-link td w8901G trus mw setting (bagi) bandwith’a agar terbagi rata dan adil pd tiap kom yg ada sehingga pengguna yg suka download berlebihan bs terbatasi agar pengguna yg lain pun tidak mrasa trganggu browsing’a.
    mohon pencerahannya mas tuk bgmn cara bagi bandwith’a ???

  • Yuyuz RM says:

    Saya membuat hotspot di lingkungan perum untuk 1 RT, menggunakan Engenius EOC2611P sebagai AP, router BL R38N, Modem ADSL Speedy 512 Kbps unlimited, antena Omni TD2412D dengan ketinggaian 10 meter dari tanah.
    Pada jarak 25 meter diperoleh sinyal 2 bar ( fair )dengan menggunakan Laptop ( baik laptop punya saya maupun punya tetangga ), geser lagi pada jarak kurang dari 50 meter malah sinyal hilang….
    Kenapa sinyal gak bisa excellent ya ?
    Mas Awik, mohon solusinya n makasih sebelumnya.

  • roy says:

    Met siang mas awik
    Saya Roy dari Surabaya
    Maaf saya newbie dalam networking, saya mau tanya tentang artikel anda TP-Link TL-WA601G sebagai client, pertanyaan saya :
    1. Apa setelah disett spt artikel anda apa IP PC harus di setting static untuk dapat koneksi internetnya? atau harus diubah obtain?
    2. Kalau TL-WA601G mau kita sharing lagi apa tiap2 PC IPnya juga harus static? Terus setting untuk DNS Server pake IP berapa?
    3. Untuk setting sebagai TL-WA601G sebagai client apa harus disetting DHCP Server untuk TPLinknya tersebut?
    Makasih mas Awik
    Sori banyak sekali pertanyaannya
    Saya tunggu jawabannya pak

    • awik1212 says:

      yuyuz rm : sebenarnya tidak ada yang salah dengan ketinggian, tapi untuk mencoba bisa diturunkan dulu. jangan terlampau tinggi karena antenna omni merk tplink kurang oke signalnya. lalu momok pada antenna omni biasanya terletak pada pigtail yang menyambungkan dari radio ke antenna.
      banyak hal mengapa signal kurang kuat. yang paling sering dihadapi dilapangan adalah ketinggian, pigtail, lalu pohon, dan tembok2 rumah yang tinggi. selamat mencoba.
      tapi kalau memang pengen signalnya kuat, silahkan pasang repeater sebanyak2nya. (jaminan pasti)

      roy :
      1. tergantung dari isp yang ingin anda join kan. mereka bisa dengan static bisa dengan dhcp (obtain automatic)
      2. kalau itu juga tergantung dari isp yang bersangkutan
      3. kalau untuk tplinknya sendiri disetting statis.
      silahkan ditanyakan apabila ada yang kurang jelas.

  • Yuyuz RM says:

    Mas Awik yth,
    Menyambung jawaban mas Awik yg kemarin atas pertanyaan saya, lha trus antena external yg cocok untuk EOC2611P apa ya biar bisa dijangkau 360″. Kalau harus buat repeater, TL WA601G bisa nggak ya buat repeater dengan EOC2611P ? makasih mas Awik.

  • alfian says:

    mas awik…
    mau nanya mas..gini,saya pya tp link tl-wa501g.
    rencana mau d pake bwat client.tp pas d setting jd client d site survey gak ndeteksi AP yg pke chanel 14.trus klo d setting jd AP,tl-wa501g gak bs pake chanel 14…?cman 1-13.pdhl regional udh d ganti japan.gmn solusinya yach mas..??thanks sebelumnya….

  • teguh says:

    Salam kenal mas, tolong ajari saya cara men-sharing internet dirumah, masalahnya begini.. saya punya jaringan internet dari kantor, yg saya ambil melalui wifi dengan DHCP karena dari kantor menggunakan proxy dan DHCP, skrg dirumah akan saya bikin hotspot dg TL-WA501G biar bisa digunakan bersama, saya sudah berusaha seting tapi sampai sekarang belum berhasil, kalau saya gunakan IP yg diberikan windows 192.168.0.1 browsing di komp. terputus. tolong ya mas setingan apanya yg salah…? makasih sebelumnya.

    • awik1212 says:

      @yuyuz : kalau untuk antenna, banyak sekali. pilih saja yang model omni, karena memang pancarannya 360^ namun untuk merk. saya sarankan yang diatas 1 juta. karena dalam dunia wireless ada hal yang sangat mendasar bahwa ada harga ada kualitas. cobalah untuk mereview produk2 merk hyperlink. dari tahun ketahun peformanya tidak diragukan lagi. atau mau merk yang terbaru (tapi belum pernah nyoba) “ubnt”. kabarnya sih jauh lebih baik.
      kalau untuk repeater. seri wa601g bisa, tapi syaratnya harus mendapatkan signal dari pemancar utama sebesar lebih dari 40db agar koneksinya berjalan dengan baik.
      terimakasih kembali

      @alfian.
      kalau channel kayaknya tplink standarnya hanya sampai 11. coba chanelnya diturunkan saja. kalau memang ingin menghindari interference silahkan gunakan radio yang diatasnya. merk ubnt atau mikrotik sekalian.

      @teguh.
      anda butuh alat yang namanya wireless router + ap. itu ada koq keluaran dari tplink. jadi tetap menggunakan koneksi DHCP untuk WAN nya. lalu WLAN dan LAN nya bisa mengeneret IP baru lagi.

      kalau untuk topologi dengan alat saat ini, ada 2 cara.
      1. anda fungsikan alat anda sebagai repeater, jadi signal akan di repeat di rumah anda
      2. anda fungsikan alat anda sebagai client, namun setelah masuk ke PC, alat anda tidak bisa memancarkan signal ulang, namun anda harus menggunakan komputer anda sebagai alat pembagi koneksi. kalau anda menggunakan windows, anda bisa menginstal winroute. kalau anda menggunakan linux, banyak aplikasi open source untuk itu.

      untuk ke 2 cara tersebut, masing2 anda harus mendapatkan signal kurang lebih diatas 30db dari rumah anda.

      selamat mencoba

      @agasta, anda bisa urutkan langkah2 diatas, namun apabila anda membeli produk dg merk yang sama keluaran terbaru. ip default radionya udah bukan 192.168.1.1 lagi, namun 192.168.1.254. selamat mencoba

  • teguh says:

    terima kasih ilmunya mas, semoga mendapat balasan yang lebih…

  • ibat says:

    saya pnya 6 AP TP-Link 5210G,pertanyaannya klo 1 jadi ap, yg lain jd repeater, untuk gedung dgn 3 lantai,1 lantai bisa5-6 ruangan,apaka1 ap1 jd ap, yg sisanya jadi repeater ato bkn point to multipoint? kira2 setting yang optimalnya gimana? thx

  • Yuyu says:

    salam kenal pa, sya yuyu dari cianjur, kemarin saya coba saring internet saya dengan menggunakan airlive airmax2 + antena omni 15 db merk tp-link. dan client saya pake airlive airmax2 + antena grid, jarak kami cuman 700 mtr tapi kehalang pohon – pohonan, untuk pemancar saya seting AP dan penerima sy seting client, tapi masih ga bisa conect, bisa minta lotong pencerahannya, thx

  • ie'ie says:

    salam kenal mas, dari ie’ie. .

    gni mas, mau tanya ..
    saya kn pke TL-WA601G nah dsekitar saya kn ada area hostpot saya pnginya nangkep sinyal hostpot disitu kebetulan dsitu tempat kerja saya juga, tapi area hostpotnya dpassword sedangkan saya tau passwordnya tapi saya tidak bisa mnggunakan TL-WA601G tersebut, klo yang dpassword kan kalo dsurvey pasti NO kan, klo OFF brti gk dipassword. . gmn tuh mas caranya mohon penjelasanya atau bisa saling share k email saya mas atau facebook,
    ini almt email dan facebook saya : 1. imnovi@ymail.com
    2. imnovi9@gmail.com

  • pudjo says:

    Sy mengalami Problem loading page padahal kabel masih tersambung antara PC_MODEM Motorola_WIRELES TPLINK via Fastnet, tapi jika dari Modem langsung ke PC tdk masalah bisa, conect, apakah mungkin setelah TPLink saya reset?? prosedur diatas sdh sy ikuti, sinyal wifi keluar bagus, tapi tdk bisa buat buka website (problem loading page) . . . mohon dibantu solusinya, tks

  • nino says:

    mau tanya mas,
    tlg minta ajarin utk seting TL-WA500G itu gmn yaa, udh coba diseting tp ttp ga bisa conect dg hotspot. pdhl sinyal udh lebih dari 30 dB
    trs apakah utk gateway nya perlu disamakan dlu ?
    tks mas,

  • malem mas.. Awik ..
    Mau tanya nih.. di rumah saya ada koneksi hotspot speedy (Acces Point + modem ) .. tapi sinyal nya kurang bagus di lokasi tertentu di dalam rumah. Lalu saya menambah repeater ( menggunakan TP LInk TL-WA500G) dengan maksud agar sinyal nya lebih kuat.. Pertanyannya..
    1. Sinyal nya memang jadi kuat .. tetapi koneksi internet nya malah putus2… , kl ga pake repeater lancar.. itu kenapa ya apa harus ada yg di setting lagi..trima kasih

  • zisha fithra says:

    pak awik, salam kenal.
    maaf kalau mengganggu karena saya agak gaptek.
    di sekolah pasang wifi, jarak ke rumah 75m. karena gak jangkau langsung dg wifi laptop saya pakai TL-WN7200ND bisa connect. saya pingin TL-WN7200ND saya jadi penghubung atau istilahnya repeater ya… sehingga bisa ditangkap oleh wifi laptop dan 2 wifi laptop kakak.
    terima kasih atas bantuannya.

  • Man Poenya says:

    pak awik, salam kenal

    maaf pak mengganggu karna saya belum 100% paham cara menyeting acces point radio saya ajarian pak dari pertama buka acces point radionya sampai selesai pak.

  • yova says:

    salam kenal pak awik,

    kebetulan dekat rumah saya ada hotspot cuman pakai password, kalo masukin passwordnya di set dimana yeah?..saya pake WA5210G sebagai client..thank you

  • angga l saputro says:

    salam enal pak,

    saya ingin bertanya,gimana caranya klo mau seting wifi pake prolink PWH-2004 3.75G.kalau mau pake hotspot harus daftar dulu, jadi biar siapa saja yang laptopnya lom terdaftar tdak bisa koneksi.sebelumnya saya terima kasih.

  • wan says:

    selamat sore,,
    jika ada tutorial yang lebih lengkap tolong di share lagi ya pak,
    trims..
    By:
    member of wajanbolik.com

  • very says:

    mas bro, bagaimana cara setting TP LINK TL-WN721N di win 7 ?? s0alnya driver bawaan blum support win 7, sy sudh downld drivernya tp tetp gak berhasil… mohon bantuannya bozz…

  • tiara says:

    mau tanya mas, bagaimana cara settingan TP LINK WA5210G sebagai client pada AP yang diberi password (password dikenali), Tipe dan merek AP utama sama dengan claint, trims

  • adi says:

    iya setingan AKSES point agak susah………saya aja memakai TP LINK WA5110G susah konek dengan hotspot…….

    • awik1212 says:

      @teguh : terimakasih pak teguh. amin

      @ibat : setting repeater minimal mendapat signal strength sebesar 35db

      @yuyu : salam kenal juga. permasalahan ada di signal strength

      @ie-ie : permasalahan sama dengan diatas

      @pudjo : permasalahan ada pada IP yang digunakan.

      @nino : permasalahan ada pada IP

      @teguhsudarsono : permasalahan ada pada signal minimal repeater. minimal 35db.

      @zisha fithra : setting sebagai repeater. tapi setau saya seri WN tidak bisa jadi repeater.

      @ man poenya : anda bisa mengikuti langkah2 diatas dengan pelan pelan. mudah2an berhasil. selamat mencoba.

      @yova : security setting.

      @angga 1 saputro : ada pada mac firewall atau ip firewall.

      @wan : oke

      @very : untuk permasalah itu maaf saya kurang memahami.

      @tiara : tanyakan password, kemudian masukan pada security setting.

      @adi : terimakasih membantu menjawab. :)

  • patrick says:

    Maaf pak saya punya mlsh ada pakai TP Link tapi hanya radius 150m..gimana cara setting supaya bisa 1km lebih..

  • rina septi astuti says:

    emmh bgus badai…dach acung jempol

  • agatha suharyati says:

    uuuuuuuuuuuuuuuiiiiiiiiiiiiiih……veryyy goooodd

  • TP-LINK TDW8951ND bisa konek ke firstnet gimana caranya ya gan?

  • wanti says:

    permisi saya mau tanya.. mohon pencerahan nya..
    saya punya website, dan saya mau jangkauan nya itu diperkecil jadi didaerah Indonesia saja.. apakah itu bisa? dan kalo bisa tolong dikasih tau caranya seperti apa dan penjelasan nya..
    terima kasih ssebelum nya..

  • dari Selamat di Sumsel
    Salam kenal utk pengasuh situs ini.
    ditempat sy bekerja memakai speedy TP LINK TD-W8151N dan digunakan sebagai hots pot. awal pemasangan speedy tsb, semua perangkat lap top/Hp bisa menangkap sinyal wifi tsb. namun belakangan ini, sinyal wifi tsb tdk bisa ditangkap sama sekali oleh beberapa lap top/hp meskipun ada Laptop lain msh bs menangkap sinyal wifi tsb.
    kira-kira ada masalah apa di perangkat speedy tsb kok skrg ada bberapa lap top tdk bs menangkap sinyal wfi tsb
    atas bantuan bapak sy ucapkan terima kasih.

  • hadi says:

    saya ingin kosultasi

    dikantor saya terpasang antena grid, nah supaya sinyal antena grid itu sampai kerumah bagaimana caranya? sdangkan jarak dari rumah ke kantor lebih kurang sekitar 200 meter, apakah saya harus membeli antena grid juga berserta Radio Link nya? lalu radio link type berapa yang bisa menempuh jarak jauh dan bagaimana cara setting radio link supaya sampaik kerumah. terima kasih

  • ccekminss says:

    Salam Kenal
    Mas minta tolong dong di kirimi cara setting Repeater wifi menggunakan Router Cisco linksys E1000 sebagai Ap dengan TP Link Wr740n sebagai repeaternya

    caranya di emailaja ya mas
    terima kasih sebelumnya

  • mohon bantuan mas….
    saya menggunakan tp link wa5210g sebagai client dari AP utama yang menggunakan suser name, password yang selama ini saya gunakan via pc. maksud saya saya mau bikin hotspot sendiri dari wa5210g ( secondary AP ) menggunakan tambahan Asus RT-N10 untuk nyebarin signal wifi, tapi setelah saya coba kok gak bisa ya ? mohon bantuannya langkah2 settingnya step by step berhubung saya masih AWAM pada jaringan.
    -Terima Kasih-

    • awik1212 says:

      @patrick : mungkin bisa dicoba upgrade dengan antena external ya
      @rina : tengkyu
      @agatha : thanks
      @pabx : firstnet pakai apa ya ?
      @wanti : maaf itu diluar bahasan disini
      @omnya : tidak bisa sama sekali, atau ada yang bisa dan ada yang tidak?
      @hadi: pastikan arah antenanya sudah menuju kerumah, tipe diatas mampu menempuh lebih dari 1km. range antara 1-5km.
      @cekmins: bisa dibaca komen2 sebelumnya, terimakasih.
      @satiman : bisa digambarkan topologi yang anda inginkan seperti apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading cara setting TP-LINK TLWA601 at Hey, Awik.

meta

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers

%d bloggers like this: